bdadinfo.com

3 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Lambung, Simak Penjelasan Ahli Gizi - News

Menjaga kesehatan lambung dapat dilakukan dengan mengatur jenis makanan yang dikonsumsi (pexels.com)

- Lambung merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi mencerna makanan yang kita makan setiap hari.

Makanan yang kita makan sering salah dicerna lambung ketika mengalami gejala-gejala seperti sakit perut, maag, gerd, dan sebagainya.

Seperti dilansir dari video YouTube SB30Health yang tayang pada 8 Maret 2023, dr. Hans, seorang ahli gizi menyebutkan, setiap manusia punya asam lambung yang memiliki banyak fungsi.

Tingkat keasaman lambung yang sehat adalah pada pH 1,5-3,5 yang berfungsi mencerna makanan, menjaga keseimbangan bakteri, memicu keluarnya asam empedu, enzim, dan lainnya.

Baca Juga: Dicari Pengendara Moge yang Tabrak Santri di Ciamis, Polisi Ungkap Ini

Namun, terkadang tingkat keasaman lambung tidak berada pada batas aman, sehingga kita sering merasakan nyeri di bagian dada, sakit di bagian kerongkongan, dan gejala gerd lainnya.

Selain asam lambung, masalah lambung lainnya adalah terjadi luka di lambung (tukak lambung) yang juga dapat disebabkan tiga kebiasaan ini, diantaranya:

1. Konsumsi obat maag

dr. Hans menuturkan, konsumsi obat maag yang berkelanjutan atau terus menerus berpotensi merusak lambung.

Baca Juga: Diperhatikan, Polda Metro Jaya Makasih Warga Perhatikan Kasus Mario Dandy

Ketika merasakan gejala sakit di perut, sebagian orang biasanya langsung meminum obat tanpa diketahui apa penyebab sakit perut tersebut, sehingga hal ini bisa mengganggu tingkat keasaman lambung dan keseimbangan bakteri di usus dan lambung kita.

2. Konsumsi junk food

Makanan junk food, menurut dr. Hans, makanan yang rendah nutrisi dan menyebabkan banyak peradangan pada lambung kita.

Junk food atau makanan cepat saji termasuk kelompok makanan yang tinggi gula. Makanan yang melalui highly processed food.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat