bdadinfo.com

Taman Nasional Gunung Palung, Surga Dunia Di Kalimantan Barat, Cocok bagi Pecinta Alam Bebas - News

Potret Taman Nasional Gunung Palung  (triptrus.com)

- Taman Nasional Gunung Palung merupakan salah satu tujuan wisata alam yang memukau di Kalimantan Barat, Indonesia.

Terletak di Kabupaten Ketapang, Taman Nasional Gunung Palung merupakan salah satu kawasan hutan hujan tropis terbesar di Asia Tenggara.

Luasnya mencapai sekitar 90.000 hektar, yang meliputi puncak Gunung Palung yang menjulang tinggi hingga kawasan hutan dataran rendah yang lebat.

Taman Nasional ini mempesona dengan kekayaan flora dan fauna yang luar biasa. Hutan hujan tropis yang lebat menjadi rumah bagi beragam spesies tumbuhan, termasuk pohon-pohon langka dan orkid yang indah.

Baca Juga: Tanggapan Positif Presiden Jokowi Soal Mimpi SBY: Ya Bagus

Selain itu, Taman Nasional Gunung Palung juga menjadi habitat bagi berbagai jenis satwa seperti orangutan, macan dahan, kera ekor panjang, dan burung-burung endemik.

Keunikan Taman Nasional Gunung Palung terletak pada keberadaan orangutan. Taman Nasional ini merupakan salah satu habitat terakhir orangutan Kalimantan di alam liar.

Orangutan adalah spesies yang terancam punah, dan melihat mereka berada di habitat asli mereka adalah pengalaman yang mengesankan.

Selain menawarkan keindahan alam, Taman Nasional Gunung Palung juga menyediakan berbagai kegiatan ekowisata. Pengunjung dapat melakukan trekking, menjelajahi sungai dan air terjun, serta berkemah di bawah langit malam yang indah.

Baca Juga: Arab Saudi Akan Kembali Kedatangan Pemain Top Eropa, Kali Ini Hakim Ziyech

Selama perjalanan, panduan yang berpengalaman akan membimbing dan memberikan informasi tentang kehidupan alam yang ada di sekitar.

Melalui upaya konservasi dan kegiatan ekowisata yang bertanggung jawab, Taman Nasional Gunung Palung berusaha untuk melindungi keanekaragaman hayati yang ada dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.

Jadi, bagi para pecinta alam dan keindahan alam yang masih alami, Taman Nasional Gunung Palung adalah surga dunia yang dimiliki oleh tanah air kita, Indonesia!***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat