bdadinfo.com

Mengenal Lebih Dekat Tentang Psikologi Harapan Serta Manfaatnya Bagi Kehidupan yang Lebih Berkualitas - News

Mengenal Lebih Dekat Tentang Psikologi Harapan Serta Manfaatnya Bagi Kehidupan yang Lebih Berkualitas (Alissa Hermilah/HarianHaluan.com)

- Tidak banyak orang mengetahui apa itu psikologi harapan, apa kegunaannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Padahal psikologi harapan selalu melekat dalam diri kita. Harapan sangat berguna untuk kesehatan baik mental maupun fisik.

Di dalam bukunya, Dr.Ken Olson mengatakan bahwa psikologi harapan berarti anda memiliki kekuatan dalam diri Anda untuk berubah kepada hal yang lebih baik.

Harapan merupakan keputusan pribadi bagi anda. Tidak dicapai ketika Anda merasa keceriaan dan kegembiraan dalam segala hal yang terjadi.

Baca Juga: Hadang Jambore Tingkat Sumbar, TP PKK Agam Siap Tampil Maksimal

Harapan tidak dibutuhkan pada hari-hari biasa disaat hidup berjalan dalam rutinitas yang sama. Pada dasarnya harapan merupakan keputusan yang dibuat dalam kegelapan hidup, dimana terdapat rasa sakit dan putus asa dan seringkali dalam bayangan kematian.

Harapan adalah keputusan di mana hanya ada sedikit bukti yang mendukung keputusan itu. Kenyataan mungkin lebih berat menunjukkan arah sebaliknya, yang mungkin membuat seseorang memutuskan, “Aku berhenti. Aku menyerah. Aku tidak pergi lebih jauh lagi.”

Pada dasarnya, setiap kehidupan seseorang adalah harapan. Apabila seseorang memiliki harapan maka akan ada hidup.

Baca Juga: Pilu dan Memprihatinkan, Tim Pemadam Kebakaran Tasikmalaya Ini Berkantor di Bekas Kolam Ikan

Bila tidak ada harapan untuk masa depan, maka tidak ada kekuatan untuk saat ini menjalani hidup. Ibaratkan sekali lilin harapan mati, maka jalan untuk kedepannya menjadi berbahaya.

Manusia pada umumnya memiliki berbagai macam masalah sejauh jalan hidupnya namun, sebagai manusia juga dikenal memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Sebagian dari kita meyakini hidup ini buruk dan orang-orang bersikap tidak baik, maka sangat tinggi kemungkinannya akan berakhir dengan “kehidupan yang tidak baik”.

Baca Juga: Mau Nonton Film? Berikut Deretan Bioskop Terbaik di Padang Ini Bisa menjadi Pilihan Tepat

Sebaliknya apabila meyakini hidup ini baik dan orang-orang bersikap baik di dalam peranan kehidupan disekitar, maka kesempatan untuk hidup baik pun sangat tinggi. Semua tergantung pada pola mindset yang bangun atas kehidupan sendiri.

Dilansir dari healthypsych.com harapan membantu mendorong kita menuju tujuan yang diinginkan, domain lain di mana harapan dapat bermanfaat adalah dalam konteks pencapaian akademik. Banyak orang menggunakan harapan dalam pencapaian akademik dan mengimbagi dengan usaha nya dalam mencapai harapan tersebut.

Psikologi harapan dapat ditemukan kepada orang-orang yang menderita penyakit berat dan mereka yakin bahwa apabila melakukan pengobatan mereka akan sehat kembali. Di snilah harapan sangat berguna.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat