bdadinfo.com

Daftar Orang Terkaya di Banda Aceh dan Rahasia Kesuksesan Mereka - News

Teuku Markam (Crazy Rich TV)

- Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas orang-orang terkaya di Aceh sebagai sumber motivasi bagi kita untuk meraih kesuksesan.

Penting bagi kita untuk belajar dari pengalaman mereka, terutama dari mereka yang berani bermimpi besar. 

Aceh ternyata tidak hanya terkenal menyumbang biji kopi terbaiknya saja, tetapi juga menyumbangkan sederet crazy rich, atau orang kaya yang kekayaannya sangat berguna bagi perkembangan Indonesia.

Baca Juga: Ulama Besar Asal Sumbar yang Wafat di Makkah, Pernah Jadi Imam Besar Masjidil Haram

Berikut adalah daftar orang-orang paling kaya di Aceh yang patut dijadikan inspirasi:

Teuku Markam

Salah satu orang terkaya di Aceh adalah Teuku Markam, seorang pengusaha kaya asal Aceh pada era pemerintahan Presiden Republik Indonesia, Soekarno.

Teuku Markam, keturunan uleebalang, lahir pada tahun 1925. Pada tahun 1957, saat berpangkat Kapten NRP 12276, ia kembali ke Aceh dan mendirikan PT Karkam.

Ia pernah terlibat konflik dengan Teuku Hamzah, Panglima Kodam Iskandar Muda, yang menyebabkan penahanan Teuku Markam.

Konflik tersebut berhasil didamaikan oleh Sjamaun Gaharu. Setelah keluar dari tahanan pada tahun 1958, Teuku Markam kembali ke Jakarta dengan membawa PT Karkam, yang dipercayakan oleh pemerintah Republik Indonesia untuk mengelola rampasan perang menjadi dana revolusi.

Teuku Markam aktif dalam dunia bisnis dengan sejumlah aset seperti kapal dan beberapa dok kapal di Palembang, Medan, Jakarta, Makassar, dan Surabaya.

Ia mengimpor mobil Toyota Hardtop dari Jepang, besi beton, plat baja, serta mengimpor senjata dengan persetujuan Departemen Pertahanan dan Keamanan serta Presiden.

Teuku Markam mendukung sepenuhnya perjuangan Republik Indonesia, termasuk pembebasan Irian Barat dan pemberantasan buta huruf yang dilakukan oleh Soekarno.

Keberhasilannya dalam bisnis inilah yang membuatnya mampu menyumbangkan 28 kilogram emas yang ditempatkan di puncak Monumen Nasional (Monas).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat