bdadinfo.com

Menilik Pentingnya Rempah-Rempah yang Berfungsi Sebagai Alternatif Alami Pengobatan Tradisional di Indonesia - News

Menilik Pentingnya Rempah-Rempah yang Berfungsi Sebagai Alternatif Alami Pengobatan Tradisional/FREEPIK

- Indonesia dengan kekayaan sumber daya alam hayati memiliki peluang besar dalam pengobatan tradisional, sudah banyak penduduk Indonesia yang mulai memakai obat herbal untuk menyembuhkan penyakit yang mereka alami.

Itu dikarenakan efek samping yang kecil dan adakalanya pemakaian obat medis memberikan efek alergi, selain itu herbal yang digunakan mudah ditemukan.

Dilansir dari kemenkes .go.id menyatakan bahwa hasil Riskesdas dari tahun 2010 sampai 2018, masyarakat yang menggunakan upaya kesehatan tradisional makin meningkat menjadi sebesar 44,3%.

Baca Juga: Situs Sejarah Benteng Inong Balee: Jejak Perjuangan Wanita Aceh yang Menakjubkan

Yang mana hasil Riskesdas ini menyatakan bahwa pemakaian obat tradisional atau herbal meningkat setiap tahunnya.

Obat tradisional atau obat herbal memang mudah ditemukan, namun apabila pemakaiannya tidak sesuai dosis yang dibutuhkan juga menyebabkan efek samping kepada si pemakai.

Apa saja tanaman herbal yang bisa menjadi obat alternatif pengobatan tradisional dan apa saja kegunaanya? berikut daftar herbal yang bisa dipakai dan mudah ditemukan serta khasiatnya.

Baca Juga: Yuk Bikin Masakan Olahan Telur dari Berbagai Daerah di Indonesia, Salah Satunya dari Tanah Minang

1. Jahe (Zingiber officinale)

Jahe sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan yaitu sebagai; meredakan nyeri saat menstruasi, meredakan morning sickness, memperkuat sistem imun, menangkal infeksi bakteri dan virus, meredakan sakit otot, menurunkan glukosa darah sampai kolesterol, mengatasi masalah pencernaan, meningkatkan fungsi otak serta meringankan gejala arthritis.

Baca Juga: Bukan Padang, Ternyata Pariaman Kota Pertama yang Ditempati Orang Tionghoa di Sumatera Barat, Ini Informasinya

Indonesia memiliki tiga jenis jahe yang berbeda varietasnya yaitu Jahe Gajah (Zingiber officinale Roscoe), Jahe Emprit atau Jahe Sunti (Zingiber officinale var. Amarum), dan Jahe Merah (Zingiber officinale var. Rubrum).

2. Lengkuas (Alpinia Galanga)

Lengkuas (Alpinia Galanga) dapat digunakan sebagai pengobatan berbagai macam penyakit bagi masyarakat kelas menengah yang tinggal di pedesaan atau perkotaan. Rimpang lengkuas dapat digunakan untuk mengobati sakit perut, sakit punggung, rematik, asma, diabetes, penyakit jantung, gangguan hati, penyakit ginjal, dan untuk meningkatkan nafsu makan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat