bdadinfo.com

Ternyata Dulunya Sumatera dan Jawa Satu Pulau Besar, Loh! Ini 4 Daratan yang Hilang di Dunia - News

 4 Daratan yang Hilang dari Dunia (Tangkapan Layar)

Bumi sudah berusia 4.543 Miliar tahun dan selama itu permukaannya, daratan dan laut mengalami perubahan akibat aktivitas tektonik dan vulkanik.

Dari perubahan alami yang terjadi ribuan hingga jutaan tahun ini menyebabkan hilangnya beberapa daratan dari permukaan bumi.

Bahkan, dahulunya kepulauan di Indonesia pernah menyatu. Pulau tersebut adalah Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Ini adalah fakta yang unik untuk dipelajari.

Baca Juga: Lakukan Perombakan, Daihatsu Sigra 2022 Tampil Lebih Stylish dan Modern

Lalu, sekarang kemana daratan itu? Dan, selain di Indonesia, daratan mana sajakah yang hilang? Maka, simak daftarnya berikut ini:

1. Sundaland

Antara percaya dan tidak percaya, pada zaman dulu terdapat sebuah daratan yang disebut dengan Sundaland. Daratan ini luas sekali, bahkan katanya lebih besar dari benua Australia.

Daratan yang menghubungkan bagian selatan India, Srilanka, dan Indonesia hadir pada jutaan yang lalu.

Pulau di Indonesia yang terhubung dengan Sundaland adalah kepulauan Sumatera, Kalimantan dan Jawa.

Baca Juga: Ini 5 Tempat yang Wisata Mistis di Aceh, Ada Kapal Apung Saksi Bisu Tsunami Aceh

Menurut sebuah buku yang berjudul Eden in the East karya Stephen Oppenheimer, seorang profesor dari Universitas Oxford menyatakan daratan tersebut hilang karena beberapa kemungkinan.

Di dalam buku itu, ia sebut diakibatkan oleh beberapa fenomena alam seperti letusan gunung berapi, gempa bumi, banjir atau karena melelehnya es di kutub.

Tapi, banyak yang menyimpulkan dan percaya teori bencana alam yang menenggelamkan Sundaland karena naiknya air laut karena melelehnya es di kutub setelah zaman es berakhir.

2. Mauritia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat