bdadinfo.com

7 Suku Terbesar di Wilayah Sumatera, Salah Satunya Suku Tertua yang Ada di Dunia - News

Suku Terbesar di Wilayah Sumatera (www.geogama.co.id)

- Sumatera sebagai salah satu pulau yang ada ada di Indonesia didiami oleh bangsa Melayu yang terbagi menjadi beberapa suku.

Sumatera memiliki berbagai keragaman salah satunya suku-suku yang sangat plural. Dengan memiliki luas 473.481 kilometer persegi dengan total penduduk yang mencapai hampir 60 juta jiwa.

Jumlah penduduk yang besar ini menyimpan heterogenitas dari segi etnis atau suku di antara masyarakat.

Baca Juga: Wajib Dicoba! Ini 5 Makanan Khas Bengkulu yang Unik dan Lezat

Secara geografis dan administratif Pulau Sumatera memiliki sepuluh provinsi yang saling berdekatan. Oleh karena itu suku-suku di Pulau Sumatera yang tersebar di penjuru wilayah.

Inilah 7 suku terbesar yang ada di Pulau Sumatera

1. Suku Nias

Suku Nias berasal dari Pulau Nias diperkirakan jumlahnya di Indonesia kurang lebih di angka satu juta jiwa dan tersebar pada sebagian provinsi di Sumatera yaitu Riau dan Sumatera Utara.

Suku Nias terkenal akan budaya yang khas seperti rumah adat pernikahan hingga tari. Ada satu hukum adat yang dimiliki bernama Fondrako.

Fondrako adalah hukum adat yang diterapkan untuk mengatur berbagai sendi kehidupan pada suku Nias.

Baca Juga: Hotel Murah di Padang, Handira Homestay Ramah di Kantong dan Dekat ke Pantai Gandoriah

2. Suku Mentawai

Suku Mentawai adalah penghuni asli Kepulauan Mentawai dan merupakan bagian dari Melayu Proto. Proto Melayu sudah ada sejak tahun 2500-1500 SM.

Tradisi yang khas dari Suku Mentawai ialah penggunaan tato di sekujur tubuh. Penggunaan tato tersebut terkait dengan peran dan status sosial penggunanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat