bdadinfo.com

Mie Gomak Lezat Berkat Satu Bumbu Rahasia Ini, Simak Resep dan Cara Buatnya! - News

Mie gomak

Mie gomak merupakan makanan khas dari Sumatera Utara, Indonesia memiliki beraneka ragam makanan khas dari Sumatera, salah satunya mie gomak.

Mie gomak memiliki cita rasa yang khas dengan kelezatan yang bisa menggugah selera makanan anda, apa saja bahan-bahannya bisa disimak sebagai berikut.

Sebelum mengetahui bahan-bahannya dan cara memasaknya, simak cerita asal usul mie khas Sumatera Utara ini.

Baca Juga: Pantesan! Harta Kekayaan Bupati Sumatera Barat Ini Capai Rp3,6 Milyar, Ternyata Keturunan Bangsawan

Masyarakat di Sumatera Utara zaman dahulu mata pencahariannya adalah berladang, saat panen tiba langsung masyarakat mengadakan pesta panen. Hasil panen ubi diolah menjadi mie dengan meracik bumbu untuk mie tersebut, sehingga cita rasa yang dihadirkan begitu banyak dan disukai oleh penduduk sekitar.

Mie gomak sendiri merupakan makanan yang terkenal berasal dari tanah Batak, khususnya di Tapanuli dan Sibolga. Mie gomak berbentuk seperti lidi. Jika dilihat, seperti spaghetti ala Italia berwarna kuning sampai jingga Lho!

Orang Batak memiliki panggilan khusus tersendiri untuk mie gomak, yakni spaghetti Batak karena dahulunya mie gomak disajikan dalam bentuk diremas dengan menggunakan tangan. Namun berjalannya waktu, mie gomak memiliki ragam variasi demi menjaga kebersihan dan kesehatan.

Baca Juga: Jus Pinang, Minuman Khas Jambi yang Dinikmati Malam Hari dan Memiliki Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Andaliman merupakan rempah-rempah 'rahasia' yang digunakan untuk meracik mie gomak. Mie ini memiliki rasa yang paling nikmat di lidah bagi pecintanya.

Berikut ini bahan-bahannya:

1. 3 sdm minyak goreng

2. 250gr mie lidi

3. 4 siung bawang merah dan putih (dihaluskan)

4. 1 biji batang serai (diiris dan dihaluskan)

5. 5gr Andaliman

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat