bdadinfo.com

Mengetahui Fakta Tentang Nasi Kapau, Makanan khas Padang yang Rasanya Beda dengan Nasi Padang - News

Fakta dan perbedaan nasi padang dan nasi kapau (ksmtour.com)

- Sumatera Barat memiliki menu makanan daerah yang tidak hanya sudah diakui oleh seluruh masyarakat Indonesia, tetapi juga merambah ke dunia Internasional.

Makanan dari Sumatera Barat seperti rendang sapi dan nasi padang, menjadi salah satu makanan yang paling banyak diminati oleh wisatawan dari seluruh daerah.

Berbicara soal makanan seperti dua nama ini, memang tidak akan ada habisnya menjadi sorotan utama dari berbagai kalangan.

Baca Juga: Rayakan UD Quester ke-10 Tahun, UD Trucks Hadirkan Truk Bahan B35 di GIIAS 2023

Tetapi kali ini akan dijelaskan tentang salah satu makanan khas Padang yang memiliki cita rasa yang unik dan tidak kalah enak dibanding nasi padang, yaitu nasi kapau.

Nasi kapau merupakan salah satu makanan khas Sumatera Barat yang memiliki rasa berbeda dibanding dengan nasi padang.

Karena, nasi kapau lebih mengutamakan gulai sayur nangka dan teri sebagai bahan utama dalam makanan tersebut.

Baca Juga: Dari Desa ke Dapur Internasional: Perjalanan Lada Jambi sebagai Bintang Bumbu Masak di Dunia

Nasi kapau adalah makanan yang berasal dari Nagari Kapau, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam yang berjarak sekitar 4 kilometer dari Kota Bukittinggi, dan 74 kilometer dari Kota Padang.

Meskipun nasi padang dan nasi kapau sama-sama berasal dari daerah Sumatera Barat dan punya menu yang hampir sama, tetapi keduanya ternyata mempunyai perbedaan yang mencolok.

Nasi padang menggunakan gulai sayur nangka yang dipotong kecil-kecil, sedangkan nasi kapau disajikan dengan menggunakan kol yang di potong per lembar, selain itu ada satu menu yang sangat khas yaitu gulai usus sapi.

Baca Juga: Memahami Sejarah Masjid Tuo Kayu Jao, Saksi Perkembangan Peradaban dan Masuknya Islam ke Sumatera Barat

Jika kita menengok ke belakang, ternyata nasi kapau memang sudah ada sejak abad ke 19, dimana pada saat itu banyak para perempuan dari Suku Minangkabau yang ditinggalkan oleh suaminya yang pergi merantau.

Sehingga, mereka mendirikan usaha rumah makan untuk bisa bertahan hidup, awalnya para pedagang perempuan menawarkan nasi dengan aneka lauk khas Minang dan beberapa menu khas daerah Kapau yaitu gulai kapau dan tambunsu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat