bdadinfo.com

Kegigihan Orang Minang di Masa Lampau, Ditantang Uji Kesaktian hingga Bisa Mengislamkan Raja Makassar - News

Kegigihan Orang Minang di Masa Lampau, Ditantang Uji Kesaktian Hingga Bisa Mengislamkan Raja Makassar (Ilustrasi foto crcs.ugm.ac.id)

Datuk Sulaiman adalah salah satu sosok dari Minang yang bertugas di wilayah Kerajaan Luwu yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan.

Raja Luwu pada masa lalu kesohor dengan kesaktiannya sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi Datuk Sulaiman ketika mengajak raja untuk memeluk Islam.

Wah kira-kira bagaimana ya kegigihan orang Minang di masa lampau yang ditantang uji kesaktian dalam mengislamkan Raja Makassar?

Baca Juga: Tak Hanya Benteng Van Der Capellen, Wisatawan Juga Bisa ke 3 Destinasi ini Saat Berada di Tanah Datar Sumbar

Berikut sudah merangkumnya dari kanal YouTube Anak Mandeh Channel tentang bagaimana akhirnya Raja Makassar bisa memeluk Islam.

Menurut Badan Balai Litbang Agama Makassar, Datuk Sulaiman datang pada akhir abad 16.

Saat itu Datuk mencoba menemui Raja Luwu bernama Datu La Patiware untuk diajak masuk Islam tapi kesulitan untuk bisa bertemu secara langsung.

Baca Juga: Baru Masuk Tahap Kajian, Fly Over Sitinjau Lauik Tahap I Bakal Dibangun dengan Panjang 2,78 KM di Lokasi Ini

Untuk bisa bertemu langsung dengan raja, Datuk Sulaiman diberi serangkaian ujian.

Ujian pertama, saat Datuk Sulaiman datang ke rumah raja dan baru berada di gerbang rumah terdapat jamuan nasi khas lokal bernama Songkolo.

Jamuan nasi itu tiba-tiba berubah menjadi sarang lebah, meski dalam ancaman lebah beringas Datuk Sulaiman tetap tenang hingga tiba sarang lebah itu kembali ke wujud aslinya.

Baca Juga: 3 Mega Proyek Sumbar Dikebut, Mulai dari Normalisasi Sungai hingga Jalan Tol Ditargetkan Rampung Tahun Segini

Rakyat kerajaan yang turut menyaksikan kejadian itu pun langsung kaget dan takjub dengan Datuk Sulaiman.

Hari itu Datuk Sulaiman tak langsung masuk untuk menemui raja, ia memilih pulang dan datang esok harinya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat