bdadinfo.com

Sederet Bandara Terluas di Sumatera, Nomor 5 Punya Landasan Pacu Terpanjang di Indonesia dan ke-2 di ASEAN - News

Sederet Bandara Terluas di Sumatera, Nomor 5 Punya Landasan Pacu Terpanjang di Indonesia dan Kedua di ASEAN (Ilustrasi foto Pixabay.com/Pit Karges)

Bandara menjadi salah satu fasilitas penting sebagai penggerak ekonomi selain sebagai alat transportasi.

Meski sejumlah bandara di Sumatera masih kalah populer dibandingkan dengan Jawa, tetapi kualitas dan bangunannya tak kalah megah loh.

Berikut deretan bandara terluas di Sumatera, nomor 5 bahkan punya landasan pacu terpanjang di Indonesia dan kedua di Asia Tenggara (ASEAN).

Baca Juga: Jika Mega Proyek Flyover Sitinjau Lauik Sumbar Rampung, Masyarakat yang Melintas Bakal Dapat Keuntungan Ini

Sekadar informasi, perhitungan luas bandara hanya pada luas bangunannya saja, jadi untuk luas tanahnya secara keseluruhan tidak akan dihitung.

1. Bandar Udara Internasional Radin Inten II

Bandar udara ini berada di Kota Bandar Lampung di Provinsi Lampung, Indonesia dan baru saja naik kelas menjadi bandara internasional pada 2018 lalu.

Penamaannya diambil dari nama tokoh Pahlawan Nasional asal Lampung yaitu Radin Intan II yang merupakan bagian dari Kesultanan (Kerajaan) Lampung terakhir.

Baca Juga: 3 Mega Proyek Sumbar Dikebut, Mulai dari Normalisasi Sungai hingga Jalan Tol Ditargetkan Rampung Tahun Segini

Lokasi tepatnya berada di Jalan Alamsyah Ratu Perwiranegara di Desa Branti Raya, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan berada di barat laut Kota Bandar Lampung.

Bangunan bandara ini memiliki gaya futuristik dengan gedung parkir berlantai empat yang berkapasitas mulai dari 800 hingga 1000 kendaran.

Gedung terminal juga mengalami perluasan hingga tiga kali lipat mencapai 9.000m2. 

Baca Juga: Sosok Heroik Wali Kota Padang Kedua, Berjuang Mempertahankan Kemerdekaan Hingga Dibuatkan Monumen Tugu Tinju

Sehingga mampu menampung sampai 3 juta penumpang pertahun, dan luas gedung terminal 9.650m2.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat