bdadinfo.com

Oh Ini Alasannya, 5 Provinsi di Luar Sumatera Barat yang Masih Menuturkan Bahasa Minangkabau di Daerahnya - News

Oh Ini Alasannya, 5 Provinsi di Luar Sumatera Barat yang Masih Menuturkan Bahasa Minangkabau di Daerahnya (id.wikipedia.org)

Bahasa Minang atau yang juga disebut bahasa Minangkabau adalah salah satu bahasa daerah yang digunakan di salah satu wilayah di Indonesia.

Penutur bahasa Minang adalah  suku Minangkabau atau juga dikenal sebagai suku Minang yang berasal dari provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Fakta menariknya adalah bahasa daerah ini tak hanya dituturkan di Provinsi Sumbar, tetapi juga di 5 provinsi lainnya. Ternyata ini alasannya!

Baca Juga: 10 Menu Terpopuler dari Sumatera Menurut Taste Atlas Diborong Sumbar, Ada Hidangan Favoritmu?

Di Sumbar, bahasa Minang memiliki 5 dialek yaitu dialek Pasaman, dialek Agam-Tanah Datar, dialek Limapuluh Kota, dialek Koto Baru, dan dialek Pancung Soal.

Dialek Pasaman dituturkan biasanya di daerah Pasaman dan Pasaman Barat sementara dialek Agam-Tanah Datar dituturkan di daerah Agam, Tanah Datar, Padang Panjang, Padang Pariaman, Solok, Kota Solok, Solok Selatan, dan Pesisir Selatan.

Lalu dialek Limapuluh Kota dituturkan di Limapuluh Kota, Payakumbuh, Sawahlunto, Tanah Datar, Sijunjung, dan Dharmasraya.

Baca Juga: Telan Anggaran Rp117 Miliar, Gedung Baru DPRD Padang Nyaris Rampung Dilengkapi dengan Sejumlah Fasilitas Ini

Kemudian ada dialek Koto Baru yang dituturkan di Dharmasraya dan terakhir dialek Pancung Soal yang dituturkan di daerah Pesisir Selatan.

Dari kelima dialek tersebut, dialek Agam-Tanah Datar memiliki penutur terbanyak.

Sebaran geografisnya juga terluas dan digunakan sebagai bahasa umum di pusat kota Sumatera Barat dengan menghilangkan ciri-ciri kedaerahan yang ada pada beberapa subdialek.

Baca Juga: Tahukah Kamu Kalau Indomie di Pulau Jawa dan Sumatera Berbeda? Berikut Beberapa Poin Menarik Perbedaannya

Fakta menariknya, bahasa Minangkabau tak hanya digunakan oleh masyarakat Sumbar tetapi juga digunakan di provinsi lain.

Setidaknya da 5 provinsi lain yang menggunakan bahasa Minang selain di provinsi Sumatera Barat, nah provinsi mana saja?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat