bdadinfo.com

Sosok Heroik Wali Kota Padang Kedua, Berjuang Mempertahankan Kemerdekaan Hingga Dibuatkan Monumen Tugu Tinju - News

Sosok Heroik Wali Kota Padang Kedua, Berjuang Mempertahankan Kemerdekaan Hingga Dibuatkan Monumen Tugu Tinju (id.wikipedia.org)

Salah satu monument bersejarah yang ada di Kota Padang adalah Monumen Tugu Tinju yang terletak di Kelurahan Kampung Olo, Kecamatan Nanggalo atau tepatnya di Simpang Tinju, Siteba.

sudah merangkum artikel untuk mengenal lebih jauh apa itu Tugu Tinju dan sosok heroik Wali Kota Padang kedua yang berjuang untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Kawasan Simpang Tinju ini termasuk ke dalam kawasan yang dikenal dengan jalur sibuknya.

Baca Juga: Megahnya Tampilan Proyek Pembangunan Jembatan Wisata Carocok yang Baru, Telan Anggaran Hingga Rp7,5 Miliar

Hal ini karenan volume kendaraan yang melintasi kawasan ini cukup besar sehingga kemacetan pun tak dapat terhindarkan.

Namun, pada zaman dulu Simpang Tinju merupakan ini saksi bisu dari perjuangan masyarakat Kota Padang dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia loh.

Sebelum berubah nama menjadi Tugu Tinju, nama asli tugu ini adalah Tugu Bagindo Aziz Chan.

Baca Juga: Deretan Karya Sentuhan Tangan Ridwan Kamil di Beberapa Kota di Sumatera, Ada Masjid Raya Sumbar Loh

Bentuk fisik tugu ini mirip seperti kepalan tangan seorang laki-laki perkasa. Pemilihan bentuk kepalan tinju ini menggambarkan semangat dan perjuangan.

Ia adalah seorang yang menjabat sebagai Wali Kota Padang kedua yang sekaligus memimpin perjuangan saat melawan Belanda pascaproklamasi.

Munculnya dualism di dalam kelompok masyarakat Padang tentang kemerdekaan Indonesia menjadi titik awal perjuangan dari Bagindo Aziz Chan.

Baca Juga: Wow! Ayah Raline Shah Ternyata Seorang Crazy Rich Medan, Punya Jabatan dan Bisnis Mentereng di Sumatera Utara

Dualisme ini menyebabkan situasi di Padang memanas dan diperparah dengan upaya Belanda yang berusaha untuk menduduki wilayah-wilayah yang dulu menjadi bekas jajahannya.

Bagindo Aziz Chan sendiri menjabat sebagai Residen Sumatera Timur dan kemudian mendapat amanat untuk menjadi Wali Kota Padang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat