bdadinfo.com

Asal-usul Kolam Sampuraga di Sumatera Utara, Cerita Rakyat yang Mengingatkan untuk Berbakti Kepada Orang tua - News

Asal Usul Kolam Sampuraga di Sumatera Utara

HARIANHALAN.COM - Cerita Rakyat ini mengisahkan asal-usul Kolam Sampuraga yang terletak di provinsi Sumatera Utara.

Kolam Sampuraga menjadi salah satu tempat wisata terkenal di kabupaten Mandailing Natal. Awal cerita ini berpusat pada seorang pemuda bernama Sampuraga.

Pada zaman dahulu, hiduplah seorang pemuda bernama Sampuraga yang memiliki tekad dan kerja keras yang luar biasa, walaupun ia tak memiliki lahan sendiri.

Baca Juga: Waspada! Kekeringan Mengancam Sumatera, Jawa, dan Bali pada Akhir Agustus

Ia menghabiskan waktu bekerja sebagai petani penggarap di ladang milik orang lain. Sampuraga hidup bersama ibunya karena ayahnya telah meninggal dunia saat ia masih kecil.

Suatu hari, pemilik ladang yang ia kerjakan memberikan makan siang kepadanya dan memuji ketekunan serta usahanya.

Pemilik ladang memberi nasihat bijak kepada Sampuraga, bahwa ia sebaiknya merantau ke daerah yang lebih makmur, seperti daerah Mandailing.

Baca Juga: 14 Jabatan Strategis TNI AD Ganti Pimpinan, 2 di Antaranya Daerah Sumatera: Kodam Bukit Barisan dan Sriwijaya

Di Mandailing, penduduknya hidup berkecukupan dengan ladang-ladang yang subur dan sungai yang mengandung emas.

Kabar ini menarik perhatian Sampuraga, dan tanpa ragu ia menceritakannya kepada ibunya. Setelah mendapat restu dan doa dari ibunya, Sampuraga memutuskan untuk merantau ke Mandailing.

Sesampainya di Mandailing, Sampuraga sangat terpesona oleh keindahan alamnya, terutama ladang-ladang hijau yang melimpah serta sungai-sungai yang jernih.

Baca Juga: Legenda Lubuk Sendawali dari Lampung, Terkutuk Menjadi Ular hingga Mendapatkan Kebahagiaan

Di sinilah ia bertemu dengan seorang saudagar yang amat kaya raya. Saudagar ini memperkenalkan Sampuraga pada kehidupan yang makmur di Mandailing.

Saudagar tersebut memberikan Sampuraga pekerjaan di rumahnya dan juga memberikan modal untuk memulai usaha dagangnya sendiri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat