bdadinfo.com

Cerita Rakyat Sumatera Utara: Legenda Nai Manggale dan Asal-usul Adat di Suku Batak, Sarat akan Makna! - News

Cerita rakyat legenda Nai Manggalai dari Sumatera Utara (unsplash.com)

- Cerita rakyat atau legenda di Indonesia memiliki banyak fungsi untuk hidup bermasyarakat dan bukan untuk hiburan atau kisah pengantar tidur.

Terdapat kisah legenda Putri Nai Manggale dari Provinsi Sumatera Utara yang mengisahkan terbentuknya seorang wanita cantik dari tiga orang yang berbeda.

Dan tiga orang ini adalah perawakan dari tiga poin utama dalam beradat dan budaya dalam suku Batak yang disebut dengan Dalihan Na Tolu.

Baca Juga: Mengenal Tour de Singkarak, Ajang Balap Sepeda Dunia untuk Promosikan Kota Singkarak dan Budaya Sumatera Barat

Dalihan Na Tolu atau disebut juga dengan "Tungku Nan Tigo" merupakan makna sistem sosial yang berlaku di badan kehidupan orang Batak dan berpusat pada praktek patrilineal.

Nah, bagaimana kisah legenda ini? Mari simak cerita Putri Nai Manggale berikut ini:

Pada zaman dahulu, hidup seorang raja bernama Raja Panggana yang dikenal luas dengan keahlian memahat dan mengukir, karyanya pun sudah dipertontonkan ke seluruh negeri.

Baca Juga: Loh, Kok Mario Dandy Kaget Diminta Bayar Rp120 M Dalam Kasus Penganiayaan David Ozora: Sangat Terkejut...

Namun, peran dan hobinya ini masih meninggalkan kekosongan di hatinya.

Maka, Raja Panggana pun pergi berkelana mengasingkan diri dan hiruk pikuk dan berjalan menuju hutan.

Dalam perjalanannya, Raja Panggana bertemu dengan sebuah pohon yang unik, sebuah pohon tunggal yang berdiri sendiri di sebuah lahan kosong.

Baca Juga: Cerita Rakyat Sumatera Selatan, Si Pahit Lidah, Legenda Sakti yang Ucapannya Bisa Jadi Nyata

Pohon yang unik itu semakin menambah kekaguman Raja Panggana karena bentuknya pun berbeda dari pohon lainnya yaitu seperti wanita sedang menari.

Dengan imajinasinya yang tak terbatas, Raja Panggana mengeluarkan alat-alat pahatnya dan mulai mengukir pohon itu menjadi seorang tuan putri yang menari sesuai khayalannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat