bdadinfo.com

Bukan di Sumatera Barat, Ini Dia Situs Gunung Padang yang Justru Berada di Cianjur, Jawa Barat - News

Situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur (Wikipedia)

- Situs Cagar Budaya Gunung Padang adalah Cagar Budaya Nasional berupa bangunan punden berundak yang berukuran paling besar dan tertua di Indonesia.

Meski memiliki nama Padang layaknya nama sebuah kota di Sumatera Barat, namun Gunung Padang justru berlokasi di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Situs ini pertama kali dlaporkan oleh penduduk setempat pada tahun 1979 dan sejak tahun 1980-an sampai sekarang telah diteliti oleh Pusat Penelitian Arkeoiogi Nasional, Balai Arkeologi Bandung.

Baca Juga: Cerita Siti dan Sudin, 2 Orangutan Korban Perdagangan Satwa Liar Makin Pintar Hidup di Alam Liar

Direktorat Cagar Budaya dan Permuseuman, Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Banten, Universitas Indonesia, Universitas Pajajaran, dan masyarakat yang menaruh minat untuk tahu latar belakang sejarah kebudayaan masa lalu.

Punden berundak Gunung Padang merupakan salah satu warisan budaya yang menggambarkan perilaku manusia prasejarah pada sekitar 3000-2000 tahun yang lalu.

Punden berundak ini adalah buatan manusia (susunan binaan) yang terbuat dari batu alam atau yang dikenal dengan nama batuan kekar kolom (coloumnar joint).

Baca Juga: Bukan Lagi BI Checking, Ini Cara Cek Skor Kredit Online di SLIK OJK

Rancangannya dibentuk dengan cara yang unik yaitu didirikan di atas satu bukit pada ketinggian 895 m di atas permukaan air laut.

Di bawahnya berisi batuan kekar kolom yang terbentuk karena proses alam (geology proces) Punden berundak ini memiliki 5 undakan atau dikenal juga dengan teras, dimulai dari teras 1 di utara sampai teras 5 di Selatan.

Pada Tahun 2014, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menjadikan Situs Gunung Padang menjadi Cagar Budaya Peringkat Nasional melalui surat keputusan Nomor 023/M/2014.

Baca Juga: Cerita Rakyat Asa Usul Bukit Selero di Sumatera Selatan, Kisah Pengorbanan Seorang Ibu untuk Anak Laki-lakinya

Tak hanya itu, di tahun 2023 ini, Situs Gunung Padang juga masuk dalam daftar Desa Wisata yang diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif(Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi keberhasilan Desa Wisata Situs Gunung Padang di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang mampu menembus 50 besar terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat