bdadinfo.com

Mengenal Manatiang Piriang, Cara Unik Pramusaji Bawa Piring Banyak di Restoran Padang - News

Manatiang Piriang Cara Unik Pramusaji Bawa Piring Banyak (Ifimelanine)

- Mungkin banyak dari kita yang sering melihat pramusaji di restoran Padang membawa banyak sekali piring untuk dihidangkan.

Biasanya pramusaji membawa piring yang ditumpuk hingga belasan piring hanya dengan kedua tangan mereka. Ternyata kemampuan pramusaji tersebut memiliki nama lho, yaitu Manatiang Piriang.

Manatiang Piriang adalah ciri khas atau keunikan penyajian oleh pramusaji makanan di restoran Padang. Biasanya mereka hanya menggunakan tangan dan membawa banyak piring sekaligus untuk disajikan.

Baca Juga: 3 Negara Bebas Polusi di Dunia, Nomor 2 Namanya Agak Asing

Manatiang Piriang jika diterjemahkan berarti menata atau mengangkat piring. Keahlian ini sudah lama juga dikenal sebagai tradisi adat dari Minangkabau, akan tetapi jarang orang yang banyak mengenal namanya.

Biasanya keterampilan Manatiang Piriang dilakukan oleh laki-laki dalam acara jamuan makan. Seseorang yang melakukan keterampilan ini juga diberi nama sebagai Tatiang.

Seorang Tatiang harus mampu membawa banyak piring dengan konsentrasi tinggi. Piring-piring harus ditata dengan rapih dan sigap.

Baca Juga: Makanan Ini Namanya Nasi Kentut? Inilah Kuliner Medan yang Unik dan Istimewa

Dilansir dari side.id, seorang Tatiang yang handal mampu membawa hingga 25 piring di kedua tangannya. Selain itu, makanan yang disajikan harus higienis. Tatiang harus memperhatikan bagian bawah piring agar tetap bersih.

Tradisi Manatiang Piriang pun terbawa hingga menjadi kemampuan yang harus dimiliki oleh pramusaji di restoran Padang.

Dilansir dari ifimelamine.com, pramusaji yang mempelajari Manatiang Piriang membutuhkan waktu sekitar dua atau tiga tahun untuk mempelajari keterampilan tersebut.

Baca Juga: Menpora Dito Ariotedjo Doakan Pernikahan Putri Andre Rosiade Diberkahi

Dalam cara penyajiannya biasanya pramusaji akan membawa tumpukan piring lauk pauk dan nasi lebih banyak di tangan kiri. Sementara untuk tangan kanannya membawa dari dua hingga tiga piring.

Kemampuan ini pun menunjukkan kalau untuk menjadi seorang pramusaji tidaklah mudah dan patut diberikan apresiasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat