bdadinfo.com

Jepang Pakai Bor Super Canggih untuk Mengebor Bukit Barisan di Sumbar Demi 5 Terowongan Tol Termegah di Asia - News

Jepang Pakai Bor Super Canggih Untuk Mengebor Bukit Barisan di Sumbar Demi 5 Terowongan Termegah di Asia

- Demi pembangunan proyek infrastruktur jalan tol pihak Jepang menggunakan bor super canggih untuk mengebor Bukit Barisan yang menghubungkan Padang dan Pekanbaru jadi prioritas utama.

Dalam upaya meningkatkan konektivitas antara dua kota utama di Sumatera. Namun ada satu tantangan besar yang harus diatasi dalam membangun jalan tol Padang Pekanbaru.

Tantangan tersebut adalah melewati rintangan geografis berupa Bukit Barisan. Untuk mengatasi hal ini, rencana pembangunan tol tersebut akan dibuat terowongan di beberapa titik strategis.

Baca Juga: Kabar Baik! Proses Pembebasan Lahan Tol Padang-Sicincin akan Tuntas Akhir September 2023

Lalu dimana saja titik strategis yang akan dibangun di ruas Tol Padang Pekanbaru ini. Berikut yang sudah dirangkum oleh tim kreatif sahabat Alip Official sebegai berikut:

Jika sesuai rancangan awal, jalan tol yang menghubungkan Sumatera Barat (Sumbar) dan Riau itu akan memiliki 5 terowongan sepanjang 8,95 kilometer.

Baca Juga: 4 Desa di Jambi ini Wajib Diketahui Karena Miliki Rute Penting dari Exit Tol JTTS, Termasuk ke Sumatera Barat

Dari situs resmi Kementerian PUPR, biaya investasi dalam pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru adalah sebesar 78 triliun rupiah.

Terowongan ini nantinya akan menembus barisan perut Bukit Barisan di Sumbar.
seperti yang kita ketahui nantinya

Terowongan ini akan dikerjakan oleh kontraktor Jepang melalui JICA (Japan International Cooperation Agency).

JICA adalah Badan Kerja Sama Internasional Jepan, dimana JICA merupakan sebuah lembaga yang didirikan oleh pemerintah Jepang khusus untuk membantu pembangunan negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Untuk pembangunan terowongan di ruas ini membutuhkan biaya kurang lebih 9 Triliun rupiah.

Terowongan Tol Padang Pekanbaru ini nanti akan dibangun di kabupaten lima puluh kota,, Payakumbuh sepanjang 8,95 kilometer.

Lebih lanjut Koentjoro mengatakan, Jalan tol Bangkinang-Koto Kampar akan dilengkapi sejumlah fasilitas struktur, seperti 13 boks underpass, sembilan boks pedestrian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat