bdadinfo.com

Megahnya Terowongan Jalan Tol Bawah Laut di IKN, Bangunnya Gak Pake Teknologi Sembarangan, Terdalam di Dunia! - News

Ilustrasi pengimplementasian teknologi Immersed Tunnel pada proyek terowongan jalan tol bawah laut di IKN (YouTube: TrelleborgMarine&Infrastructure)

- Salah satu kabar gembira dari dunia konstruksi Indonesia kembali hadir melalui proyek terowongan jalan tol bawah laut.

Terowongan jalan tol bawah laut yang berlokasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) tersebut akan menjadi salah satu proyek paling mutakhir yang dimiliki Indonesia.

Bagaimana tidak, pembangunan sebuah jalan tol umumnya dilakukan di daratan akan tetapi proyek terowongan jalan tol di IKN yang satu ini dibuat di bawah laut.

Baca Juga: Jika Pembangunannya Rampung Total, Tol Padang Pekanbaru Bakal Pecahkan 2 Rekor Baru Jalan Tol di Indonesia

Saat ini, terowongan jalan tol bawah laut hanya ada enam di dunia. Proyek yang tidak biasa ini tentunya tidak bisa dikerjakan oleh sembarang pihak.

Jumlah negara yang memiliki terowongan jalan tol bawah laut ini menunjukkan bahwa tidak semua negara mampu menyelesaikan proyek sensasional tersebut.

Tercatat, enam negara yang memiliki terowongan jalan tol bawah laut adalah: Singapura, Australia, Tiongkok, Denmark, Uni Emirates Arab dan Norwegia.

Baca Juga: Selain Butuh Dana Fantastis Mencapai Rp200 Triliun, Inikah Alasan Jembatan Selat Sunda Sulit Direalisaikan?

Teruntuk pembangunan terowongan jalan tol bawah laut di IKN ini sendiri akan menjadi sangat istimewa.

Hal tersebut dikarenakan terowongan jalan tol bawah laut IKN jika dibangun sesuai rencana maka akan menjadi yang paling dalam di dunia.

Proyek ini pertama kali terkuak pada Januari 2022 lalu, dimana pemerintah Indonesia dan Korea Selatan sepakat untuk bekerja sama membangun terowongan jalan tol bawah laut ini.

Baca Juga: Wali Kota Bersama Anggota DPRD Bukittinggi Salurkan Bantuan Pokir Peduli Rakyat

Direncanakan, terowongan ini akan memiliki panjang 1,5 km dengan lebar 22 meter dan dua jalur serta berada di kedalaman 40 meter di bawah permukaan laut.

Kedalaman ini merupakan terowongan terdalam yang pernah ada di dunia. Pembangunanya juga menggunakan teknologi yang tidak biasa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat