bdadinfo.com

Hitung-hitung Biaya Pembangunan Terowongan Jalan Tol di Sumatera Barat dan Tol Bawah Laut IKN, Mahal Mana? - News

Ilustrasi Terowongan menembus bukit di Sumbar dan terowongan bawah laut IKN

- Dalam upaya memajukan dan pemerataan pembangunan infrastruktur di Indonesia, pemerintah banyak mengerjakan proyek di berbagai daerah.

Salah satunya adalah Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Pulau Sumatera dan juga mega proyek Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pada salah satu ruas Jalan Tol Trans Sumatera juga terdapat satu proyek besar yakni pembangunan lima terowongan menembus bukit di Sumatera Barat.

Baca Juga: Tim Investigasi Kemenkumham Sidak Rutan Depok, Ada Apa?

Lima terowongan tersebut terletak di Jalan Tol Pekanbaru Padang tepatnya pada seksi Payakumbuh Pangkalan, Sumatera Barat.

Akan tetapi, jika berbicara mengenai pembangunan sebuah terowongan jalan tol. Indonesia kedepannya juga akan memiliki proyek terowongan jalan tol sensasional lainnya.

Selain terowongan menembus Bukit Barisan di Sumatera barat, pemerintah Indonesia juga direncanakan akan membuat jalan tol bawah laut di IKN.

Baca Juga: Forum GenRe Kota Padang Panjang Bakal Gelar Fesbang 2023

Terowongan menembus bukit dan terowongan jalan tol di bawah laut tentunya bukan proyek pembangunan infrastruktur yang sebelah mata.

Kedua proyek tidak biasa tersebut tentunya membutuhkan implementasi teknologi terbaru, tenaga ahli yang berpengalaman serta biaya konstruksi yang tidak sedikit.

Lalu, proyek terowongan manakah yang lebih mahal, terowongan menembus bukit di Sumatera Barat atau terowongan bawah laut di IKN?

Baca Juga: Jepang Buat 5 Terowongan di Sumatera Barat, Korea Selatan Tidak Mau Kalah, Siap Bangun Tol Bawah Laut di IKN

Dilansir dari kanal YouTube Remedial Script, secara mengejutkan, proyek yang lebih banyak membutuhkan anggaran ternyata adalah pembuatan terowongan jalan tol di Sumatera Barat. 

Estimasi biaya pembangunan terowongan jalan tol jauh di darat lebih mahal jika dibandingkan dengan anggaran yang dibutuhkan untuk membangun di bawah air.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat