bdadinfo.com

Jika Pembangunannya Rampung Total, Tol Padang Pekanbaru Bakal Pecahkan 2 Rekor Baru Jalan Tol di Indonesia - News

Jika Pembangunannya Rampung Total, Tol Padang Pekanbaru Bakal Pecahkan 2 Rekor Baru Jalan Tol di Indonesia (Ilustrasi foto bpjt.pu.go.id)

Saat ini pembangunan jalan Tol Padang Pekanbaru masih terus dikebut pengerjaannya.

Jika nanti pembangunannya sudah rampung total, jalan Tol Padang Pekanbaru digadang-gadang bakal pecahkan 2 rekor baru yang akan membuat bangga warga Sumbar dan Riau.

Untuk sekadar informasi, jalan tol terpanjang yang ada di Indonesia saat ini masih dipegang oleh jalan tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung.

Baca Juga: Permintaan Maaf 3 Perempuan di Padang Atas Video Viralnya Cekoki Kucing dengan Miras, Warganet: Penjarakan!

Jalan tol ini memiliki panjang mencapai 189 km, diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di depan Gerbang Tol (GT) Simpang Pematang KM 240 pada 2019 silam.

Jalan Tol ini menjadi salah satu ruas Jalan Tol Terpanjang yang pernah diresmikan bahkan mendapatkan pengakuan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Pembangunan ruas Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung terbagi menjadi 2 seksi.

Baca Juga: Jika Jalan Tolnya Rampung, Estimasi Waktu Tempuh Jakarta Jambi Terpangkas Jadi Segini

Untuk Seksi I yakni terdiri dari ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang sepanjang 112 km.

Sementara itu, untuk Seksi II memiliki ruas pada Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 77 km.

Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung merupakan Jalan Tol lanjutan ruas Bakauheni - Terbanggi Besar sepanjang 141 km dan sudah beroperasi penuh sejak 2019 lalu.

Baca Juga: Layaknya Sumbar, Tol Bengkulu Ini Juga Bakal Dibangun Megah dengan Terowongan yang Menembus Bukit

Biaya investasi yang digelontorkan mencapai Rp21,95 triliun dan sudah dikerjakan sejak tahun 2017 dan merupakan jalan tol tercepat pembangunannya karena hanya memakan waktu sekitar 2,5 tahun.

Jika Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung dibandingkan dengan jalan Tol Padang Pekanbaru, tentu jauh lebih panjang Tol Padang Pekanbaru karena rencananya bakal dibangun yang terdiri enam seksi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat