bdadinfo.com

Bangga dengan Nasi Kapau, Pemkab Agam Raih Apresiasi Kekayaan Intelektual - News

Penghargaan dan apresiasi atas Nasi Kapau yang menjadi Kekayaan Intelektual di Kabupaten Agam

- Pemerintah Kabupaten Agam terus memainkan peran aktif dalam membangun, melindungi, dan mendukung program kekayaan intelektual di Kabupaten Agam tahun 2023.

Sebagai pengakuan atas peran tersebut, Pemkab Agam menerima Penghargaan Apresiasi Kekayaan Intelektual dari Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM, Min Usihen.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Edi Busti dalam acara Mobile Intellectual Property Clinic (MIPC) atau Klinik Kekayaan Intelektual Bergerak di Gedung Youth Center, Bagindo Aziz Chan, Padang, pada Selasa 19 September 2023.

Pemkab Agam, melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, menjadi Pemerintah Daerah pertama yang mendaftarkan merek kolektif dalam program "One Village One Brand" dengan merek kolektif "Nasi Kapau".

Baca Juga: Hobi Ngutang Pinjaman Online? Pikir Lagi! Ini 4 Kenikmatan Hidup yang Bisa Anda Miliki Jika Bebas dari Utang

Pendaftaran merek kolektif ini bertujuan untuk melindungi kekayaan kuliner daerah dari klaim oleh daerah lain dan juga untuk menjaga keaslian resep dan cita rasa nasi kapau secara turun temurun.

Bidang Ekonomi Kreatif dalam Disparpora Kabupaten Agam berperan penting dalam inisiasi pendaftaran merek kolektif Nasi Kapau ini, yang menghasilkan merek kolektif "Asli No Nasi Kapau".

Merek ini mengandung makna bahwa Nagari Kapau adalah asal usul nasi kapau di Kabupaten Agam.

Acara penyerahan piagam penghargaan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Syatria, Wali Nagari Kapau, Doddy Fatra, serta Bamus Nagari Kapau.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Syatria, berharap agar produk-produk ekonomi kreatif dan UMKM Kabupaten Agam dapat mendaftarkan kekayaan intelektual mereka melalui Indikasi Geografis, merek komunal, hak paten, Hak Kekayaan Intelektual (HKI), dan berbagai bentuk lainnya.

Baca Juga: Dinas Kesehatan Pesisir Selatan Lakukan Pemantauan Tumbuh Kembang Anak di Lumpo

"Menjaga dan melindungi kelestarian serta keaslian produk-produk Kabupaten Agam adalah tanggung jawab bersama kita," sebutnya.

"Mari kita terus melestarikan dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari," ujar Syatria dengan semangat. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat