bdadinfo.com

Ini Alasan Kenapa ASN ataupun PNS Menjadi Pekerjaan yang Sangat Diminati Masyarakat Indonesia - News

Ilustrasi (jojonomic.com)





- Menjadi ASN atau PNS menjadi impian bagi hampir deluruh masyarakat Indonesia, pekerjaan ini selalu menjadi primadona sejak dahulu baik dikalangan orangtua maupun dikalangan anak muda dan dibuktikan dengan banyaknya yang mendaftar sebagai CASN atau CPNS setiap tahunnya meningkat.

Tidak sedikit orang mengikuti les supaya bisa lulus CPNS maupun membeli buku soal - soal menjadi CPNS, walaupun peminatnya mencapai jutaan orang untuk menjadi ASN atau PNS kuotanya selalu dibatasi.

Nah, mengapa PNS sangat diminati? Salah satunya alasan terbesarnya adalah jaminan kesejahteraan yang disediakan oleh pemerintah. Dengan kata lain, ASN atau PNS akan selalu mendapatkan penghasilan setiap bulannya dan itu sesuai golongannya.

Baca Juga: Wali Kota Pariaman Rapat Dadakan dengan Jajaran di Kawasan Pinggir Sungai Batang Mangor

Selain alasan yang disebutkan diatas masih ada lagi alasan kenapa pekerjaan ini diminati, antara lain:

1. Gaji Pokok

Ini adalah alasan utama yang selalu menjadi latar belakang kenapa PNS diminati, gaji pokok walaupun dimulai dari golongan terendah ada kalanya nanti naik sampai ke golongan tertinggi sesuai dengan berapa lama mengabdi kepada negara. Gaji pokok untuk PNS berbeda-beda sesuai golongannya, sepertyi golongan I, golongan II, golongan III dan golongan IV. Secara umum gaji pokok PNS sekitar Rp1,5 juta-Rp5 juta dari golongan paling rendah sampai yang paling tinggi.

2. Tunjangan

Tunjangan yang terdiri dari tunjangan kinerja, tunjangan suami atau istri, tunjangan anak, tunjangan makan, tunjangan jabatan, perjalanan dinas dan sebagainya. Berbagai jenis hingga besaran tunjangan itu berbeda-beda bagi setiap golongan PNS dan ini menyebabkan kehidupan ASN atau PNS akan terjamin sampai tuanya.

Baca Juga: 8 Hal yang Harus Dihindari jika Ingin Lolos Seleksi CPNS 2023, Jangan Dicoba Kalau Tak Mau Menyesal!

3. Pensiunan

Yap, uang pensiunan juga menjadi salah satu alasan kenapa pekerjaan ini sangat diminati. Pemerintah memiliki BUMN yang bernama PT Taspen (Persero) yang mengelola uang pensiun ASN atau PNS, Program yang Taspen kelola adalah Tabungan hari Tua dan Jaminan Kematian ASN atau PNS.

4. Gaji Komisaris

Salah satu uang besar yang bisa diperoleh oleh ASN atau PNS adalah gaji komisaris yang berasal dari perusahaan milik negara maupun perusahaan milik daerah . Walaupun tidak semua PNS bisa menjadi komisaris, hanya PNS eselon I dan II atau yang telah menjadi "pejabat" yang mendapatkan gaji komisaris ini.

Baca Juga: Komisi III DPRD Kota Padang Gelar Hearing Terkait Rumah Kos Berubah Fungsi Jadi Penginapan di Sawahan

5. Pekerjaan yang stabil

ASN atau PNS dianggap sebagai pekerjaan yang stabil, tidak seperti perusahaan swasta yang bisa sewaktu - waktu bangkrut dan mem-PHK banyak karyawan. ASN atau PNS mendapatkan gaji dari pemerintah Indonesia dan memiliki kemungkinan kecil atau bahkan tidak mungkin jatuh bangkrut.

6. Reputasi PNS dimata masyarakat

Repurtasi PNS dimata masyarakat juga menjadi alasan kenapa peminatnya bejibun, selain itu title "ASN atau PNS" dipandang sebagai  menantu idaman bagi kebanyakan orang tua di Indonesia.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat