bdadinfo.com

Segera Dibuka, Dua Ruas JTTS ini Bikin Jalan Tol di Sumatera Utara Makin Panjang dan Terdepan - News

Jalan Tol Indrapura Kisaran di Sumatera Utara (Dok: Kementerian PUPR)

- Sumatera Utara yang menjadi salah satu wilayah yang dilintasi jalur utama atau backbone Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus berbenah.

Sejumlah proyek pembangunan jalan tol dari rangkaian mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera terus didorong penyelesaiannya oleh pihak terkait.

Satu demi satu pembangunan jalan tol di Sumatera Utara menunjukkan progres signifikan dan segera rampung dalam waktu yang tidak lama lagi.

Baca Juga: Jangan Buru-buru Daftar, Ikuti Tips Jitu Bagi Pelamar CPNS 2023 Biar Enggak Salah Langkah dan Nyesel

Bahkan, dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera diantaranya akan segera dibuka dalam waktu dekat dan siap untuk dilintasi oleh para masyarakat Sumatera Utara.

Dua seksi jalan tol yang juga bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera tersebut sebelumnya telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF). 

Uji Laik Fungsi ini dilakukan untuk memastikan semua spesifikasi teknis persyaratan dan perlengkapan jalan tol dapat bekerja dengan baik sesuai dengan standar.

Baca Juga: Akses Gumitir Sudah Dianggap Tidak Layak, Warga Desak Pemerintah Rampungkan Proyek JLS Banyuwangi-Jember

Sebuah jalan tol diharuskan untuk dapat memenuhi aspek manajemen keselamatan lalu lintas dengan baik sebelum jalan bebas hambatan tersebut mulai dibuka untuk umum. 

Dikarenakan telah melakukan Uji Laik Fungsi, maka dua ruas jalan tol di Sumatera Utara tersebut kini sedang menunggu hasil dari pemeriksaan tim Uji Laik Fungsi.

Jika terdapat beberapa hal yang harus diperbaiki maka pihak pengembang wajib memenuhi hingga jalan tol tersebut dinyatakan lulus pemeriksaan.

Baca Juga: Punya 18 Jembatan , Mega Proyek Tol di Sumatera Selatan ini Sambungkan Palembang ke Prabumulih: Hanya 10 Menit

Apabila telah memenuhi kriteria dari yang telah ditentukan, maka kedua tol di Sumatera Utara tersebut akan mendapat Sertifikat Laik Fungsi dan Sertifikat Laik Operasi.

Adapun kedua ruas jalan tol yang dimaksud ialah Jalan Tol Indrapura Kisaran seksi 1 (satu) Jalan Tol Indrapura Lima Puluh sepanjang 15,6 km.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat