bdadinfo.com

Mau Hindari Jebakan Pinjaman Online? Coba Terapkan 3 Cara Mindful Spending Ini untuk Kelola Keuangan - News

Cara Menerapkan Mindful Spending untuk Kelola Keuangan (freepik.com)


- Berbagai aplikasi pinjaman online (pinjol) sudah menjamur di Indonesia.

Di tengah kemudahan untuk meminjam dana dan harga kebutuhan yang semakin naik, pengelolaan keuangan yang baik kadang menjadi terabaikan.

Jebakan pinjol pun menjadi salah satu momok yang sangat ditakuti dan wajib dihindari. Salah satu caranya adalah menerapkan sebuah praktik mengelola uang bernama mindful spending.

Baca Juga: Pacu Transaksi Wholesale Banking, Bank Mandiri Perluas Layanan Kopra by Mandiri

Mindful spending adalah mengeluarkan atau membelanjakan uang dengan kesadaran dan perhatian penuh.

Dengan mempraktekkan cara ini, kita dapat menggunakan uang untuk hal-hal yang benar-benar memenuhi kebutuhan hidup dan tidak ada rasa penyesalan.

Mindful spending juga mengajarkan agar kita dapat manajemen keuangan untuk memenuhi nilai dan tujuan hidup yang ingin dicapai sebagai manusia.

Baca Juga: Unjuk Rasa, Ratusan PKL di Danau Cimpago Tolak Wacana Relokasi Pemko Padang

Nah, dilansir dari laman resmi jago.com, Mindfulness & Wellbeing Coach Raden Prisya menjelaskan 3 cara agar kita dapat menerapkan mindful spending tersebut. Berikut ini tips-tipsnya.

1. Jangan Habiskan Semua Uang

Mindful spending merupakan sebuah gaya hidup untuk memperhatikan pemakaian uang secara penuh dan sadar. Jangan habiskan semua uang dalam waktu yang bersamaan.

Pastikan sudah ada rencana matang dalam mengelola uang milik Anda. Misalnya untuk hiburan dan kebutuhan pokok sudah dibagi.

Baca Juga: Mega Proyek Jembatan Tanpa Tiang Dibangun di Jawa Barat, Panjangnya Capai 140 Meter: Dananya Sekitar...

2. Bersyukur dan Memiliki Tujuan Keuangan

Renungkan tujuan dari keuangan yang Anda miliki saat ini. Apakah nantinya digunakan untuk cicilan rumah masa depan keluarga atau hal penting lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat