bdadinfo.com

Meski Daerah Gersang, Tol Bengkulu - Taba Penanjung Bakal Sejuk dengan Penghijauan Pakai Cara Ini - News

Jalan Tol Bengkulu - Taba Penanjung.  (dok. Hutama Karya)

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan penilaian terhadap kualitas layanan jalan tol, termasuk Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Bengkulu - Taba Penanjung.

Salah satu penilaian kemeterian PUPR terhadap Tol Bengkulu - Taba Penanjung yakni penghijauan.

Tim Ahli/ Pakar Penilaian Jalan Tol Berkelanjutan (JTB) Ahmad Safrudin mengatakan, penghijauan di Tol Bengkulu - Taba Penanjung bakal menggunakan tanaman endemik lokal.

Baca Juga: Kucing di Kantor Pajak Serpong Ini Diangkat Jadi PNS! Kok Bisa? Begini Kisahnya

Selain itu, ia juga menyebut penghiauan di jalan tol bukan hanya untuk mempercantik, namun aforestasi atau menghutankan yang berguna menyerap emisi karbon.

“Untuk kondisi tanah yang kering seperti di Bengkulu, akan lebih baik menanam tanaman endemik lokal yang bisa hidup dalam kondisi seperti ini,” kata Ahmad, dilansir dari laman resmi Kementerian PUPR, Kamis, 28 September 2023.

“Jadi konsepnya tidak selalu menanam vegetasi taman untuk mempercantik, bisa juga dengan aforestasi atau menghutankan yang juga berguna untuk menyerap emisi karbon. Jadi tanaman-tanaman yang eksisting dirawat dan dirapikan, kemudian diperbanyak,” lanjutnya.

Baca Juga: Single Salary ASN Gabungkan Gaji Pokok dan Tunjangan, Strategi Gaet Peminat Seleksi CASN 2023?

Hal tersebut juga diaminkan Manager Area JLO PT Hutama Karya selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pada Jalan Tol Bengkulu - Taba Penanjung, Afrinaldi Tanjung.

Afrinaldi mengaku ruas tol ini memang gersang. Dengan adanya penghijauan ini, selain mempercantik, juga bisa menyerap emisi karbon kendaraan.

“Kami juga akan memperbanyak tanaman untuk menjaga area tetap hijau dan dapat mengurangi emisi kendaraan. Namun memang kita memiliki tantangan kondisi tanah dan udara yang kering,” kata Afrinaldi.

Baca Juga: Mantap! Bakal Makin Mudah dan Cepat Ke Danau Toba Lewat Tol Indrapura - Kisaran

Tol Bengkulu - Taba Penanjung termasuk dalam Jalan Tol Lubuk Linggau – Curup – Bengkulu yang memiliki total panjang 95,80 km. seluruh biaya investasi ini menelan Rp37,61 Triliun.

Jalan tol ini merupakan salah satu sirip dari ruas utama (backbone) Jalan Tol Trans Sumatera yang kelak akan menghubungkan Kota Palembang - Lubuk Linggau dan Bengkulu di Lintas Barat Sumatera.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat