bdadinfo.com

Enggak Kalah Sama Alfamart dan Indomaret, Halal Mart di Sumbar Punya Ciri Khas Kearifan Lokal Ini - News

Enggak Kalah Sama Alfamart dan Indomaret, Halal Mart di Sumbar Punya Ciri Khas Kearifan Lokal Ini (Pixabay.com/Tumisu)

– Kehadiran ritel seperti Alfamart dan Indomaret menjadi sebuah hal lumrah di beberapa wilayah di Indonesia.

Jumlahnya yang banyak dan kian menjamur dapat dengan mudah ditemukan di berbagai sudut kota. Fakta menariknya dua raksasa ritel tersebut justru tidak ditemukan di Sumbar loh.

Sebagai gantinya, pelancong atau warga Sumbar yang ingin berbelanja kebutuhan sehari-hari bisa datang ke minimarket lokal seperti Halal Mart yang punya ciri khas enggak kalah sama dua ritel raksasa di atas.

Baca Juga: Universitas Terbaik di Indonesia Versi Times Higher Education World University, Sumbar ada yang Masuk 10 Besar

Dilansir dari tayangan YouTube @milenz, alasan dari tidak adanya Alfamart dan Indomaret di Sumbar ternyata didasari karena pemerintah provinsi (Pemprov) Sumbar tidak memberikan izin.

Pemprov Sumbar menilai kehadiran minimarket waralaba itu dapat mematikan bisnis kecil dan pedagang tradisional di daerah Padang.

Pemprov Sumbar percaya bahwa kehadiran kedua minimarket tersebut bisa mematikan dan merusak ekonomi daerah Sumbar dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Juga: Bukti Orang Minangkabau dan Kebudayaannya Semakin Mendunia, Punya Senjata Tradisional Diproduksi di Amerika

Melalui kebijakan ini, pemerintah Sumbar berharap warganya bisa mengambil peluang ini agar ekonomi mereka dapat berkembang dengan lebih baik.

Kebijakan ini pun mendapatkan tanggapan positif dari luar daerah karena dianggap melindungi UMKM di daerah Padang.

Nah oleh karena itu, bagi warga lokal atau pelancong yang ingin berbelanja kebutuhan sehari-hari bisa mendatangi gerai ritel milik warga setempat.

Baca Juga: Kegigihan Orang Minang di Masa Lampau, Ditantang Uji Kesaktian hingga Bisa Mengislamkan Raja Makassar

Salah satunya yang terkenal di Sumbar adalah Halal Mart. Sebuah toko serba ada atau toserba yang kehadirannya dimiliki oleh perorangan dan bukan bisnis waralaba.

Dinukil dari tayangan YouTube @epicvice, Halal Mart pada awalnya dirancang oleh Walikota Padang sebelumnya dan punya ciri khas yang membedakannya dengan Alfamart atau Indomaret.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat