bdadinfo.com

Di Tengah Ketatnya Persaingan Indomaret dan Alfamart, Ternyata Merek Ini yang Jadi Juara Ketiga - News

Salah satu gerai Alfamidi. (dok. Alfamidi)

- Indomaret dan Alfamart saat ini menjadi dua merek ritel terbesar di Indonesia. Persaingan di antara keduanya selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas.

Pasalnya, selain kerap berada dalam lokasi yang berdekatan, Indomaret dan Alfamart memiliki banyak kesamaan, khususnya pada konsep gerai mereka.

Sehingga, seringkali Indomaret dan Alfamart dianggap sebagai dua saudara yang saling memperebutkan status sebagai merek ritel kesayangan di Indonesia. Dalam hal ini, yaitu menjadi merek ritel terlaris di tanah air.

Baca Juga: Terkuak! Rp5M Lebih Donasi Konsumen dari Uang kembalian Belanja di Alfamart dan Indomaret Mengalir Ke Sini

Dikutip dari databoks.katadata.co.id, Senin, 2 Oktober 2023, sejak tahun 2018 hingga tahun 2021 Indomaret selalu menjadi pemenang dalam persaingan di antara keduanya.

Akan tetapi, pada tahun 2022 Indomaret harus mengakui keunggulan Alfamart, sebagai merek ritel terlaris di Indonesia dalam kategori makanan, minuman, dan kebutuhan harian.

Alfamart menang tipis atas Indomaret dengan pendapatan penjualan sebesar USD 7,62 miliar, sedangkan Indomaret memiliki pendapatan penjualan sebesar USD 7,6 miliar.

Baca Juga: Pantes Palembang-Prabumulih Dulu 3 Jam Sekarang Cuma 1 Jam aja, Mobil Boleh Ngebut 100 Km per Jam di Tol ini!

Dengan hasil ini, Alfamart sukses menjadi yang terlaris di Indonesia, dengan Indomaret sebagai juara kedua dari segi pendapatan penjualan.

Kemudian, pertanyaan yang muncul berikutnya yaitu, di tengah ketatnya persaingan dua merek tersebut, siapa yang mengekor di peringkat ketiga?

Jawabannya adalah Alfamidi, dimana mereka sukses mencatatkan pendapatan penjualan sebesar USD 1,1 miliar.

Baca Juga: Sambut Hari Batik Nasional di Acara Istana Berbatik, Jokowi: Batik Bukan Hanya Sebagai Karya Seni Biasa!

Jumlah ini melampaui merek-merek toko ritel modern lainnya dalam kategori yang sama, seperti Hypermart, Super Indo, Transmart, dan Lotte Mart.

Dalam kategori tersebut, Alfamidi menjadi satu-satunya merek selain Indomaret dan Alfamart yang memiliki pendapatan penjualan di atas USD 1 miliar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat