bdadinfo.com

Pembangunan Belum Selesai! Begini Perkembangan JTTS Ruas Sigli - Banda Aceh - News

Ruas Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 5 – 6 (Blang Bintang – Baitussalam) sepanjang 12,7 Km.  (dok. Hutama Karya)

- Proyek pembangunan Jalur tol Trans Sumatera (JTTS), hingga saat ini masih dalam proses pengerjaan tanpa henti dan masih terus dikebut hingga akhir tahun.

PT Hutama Karya, kini memfokuskan untuk menangani JTTS Ruas Sigli - Banda Aceh (Sibanceh). Hampir semua rest area di tol sepanjang 74,20 Kilometer sudah bisa dimanfaatkan.

Untuk tarif per kilometer JTTS Ruas Sigli - Banda Aceh seharga Rp1.191 untuk seluruh jenis kendaraan, seperti yang disampaikan oleh Branch Manager, Totok Masyadi.

Baca Juga: S1 Merapat! Dibuka Lowongan Kerja di Novotel Hotel & Resorts Bukittinggi, Sumbar: Inilah Posisi yang Dicari

"Untuk nilai investasi sebesar Rp14,050 Triliun, dan ini milik pemerintah dengan dana mencapai 100 persen dari Penyertaan Modal Negara (PMN)," kata Totok, sebagaimana disampaikan di Banda Aceh pada Senin 9, Oktober 2023.

JTTS Ruas Sigli - Banda Aceh terdiri dari seksi 1, utama 25,68 Kilometer, Seksi II, utama 6,3 Kilometer, Seksi III 16,00 Kilometer, Seksi 1v 13,5 Kilometer, Seksi V7,7 Kilometer dan Seksi VI 5,01 Kilometer.

Gerbang Tol untuk Sigli - Banda Aceh, akan ada 7 gerbang yakni Padang Tiji, Seulimum, Jantho, Indrapuri, Blang Bintang, Kuta Baro dan Baitussalam.

Baca Juga: Wow! Sumatera Utara Punya 8 Bandara Udara, Inilah Deretan Namanya: Salah Satunya Baru Dibangun

Semua rest area, pada bagian status beroperasi 1 hingga seksi 4, dan sementara seksi 5 dan 6 sepanjang 12,7 Kilometer akan beroperasi secara keseluruhan pada Maret 2024 mendatang.

Sementara itu, sudah ada beberapa ruas JTTS yang sudah diresmikan oleh Pemerintah pada awal tahun 2023.

Seperti Jalur tol Medan - Binjai, Pekanbaru -Dumai, Palembang - Indralaya, Tb Penanjung - Bengkulu, TB Besar - Kayu Agung dan Bakauheni - TB Besar.

Baca Juga: Siapa Bilang Semua Rest Area itu Sama? Yuk Kenali Perbedaan Tipe dan Spesifikasinya Sebagai Berikut

Lalu ada beberapa yang masih dalam konstruksi, seperti Binjai - Pangkalan Brandan, Sigli - Banda Aceh, Pekanbaru - Koto Kampar, Sicincin - Padang, SP Indralaya - Muara Enim, Kuala Tanjung - TB Tinggi - Siantar dan Kisaran - Indrapura.

PT Hutama Karya (Persero) telah menggarap proyek JTTS ini selama hampir satu decade. PT Hutama Karya sudah membangun kurang lebih 1.021,5 Kilometer ruas tol.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat