bdadinfo.com

Siapa Bilang Semua Rest Area itu Sama? Yuk Kenali Perbedaan Tipe dan Spesifikasinya Sebagai Berikut - News

Ilustrasi rest area.  (dok. Pemprov Jateng)

- Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area merupakan fasilitas istirahat yang dapat digunakan oleh para pengguna jalan tol.

Tujuan dari adanya fasilitas rest area yaitu agar pengguna jalan tol dapat berkendara dengan nyaman serta tidak kelelahan saat berkendara.

Selain untuk beristirahat, rest area juga dapat digunakan untuk mulai dari buang air, isi bensin dan nitrogen, makan, hingga belanja keperluan di tengah perjalanan.

Baca Juga: Ayo! Cek Lowongan Pekerjaan yang Dibuka oleh Bank Milik BUMD Bulan ini: Berikut Posisi dan Kualifikasinya

Namun, tahukah anda bahwa sebenarnya terdapat beberapa tipe rest area dengan spesifikasi yang berbeda?

Dilansir dari laman bpjt.pu.go.id, pada Jumat, 20 Oktober 2023, ada tiga tipe rest area berdasarkan fasilitas yang disediakannya.

Selain itu, ketiga tipe tersebut juga dibedakan berdasarkan luas lahan yang dimiliki oleh suatu rest area.

Baca Juga: Sejuk! Sumatera Diselimuti Hujan dan Kabut Pada Pagi Hari di Sabtu 21 Oktober 2023

Akan tetapi, para pengguna jalan tol seringkali menganggap bahwa tidak ada perbedaan spesifik antara satu rest area dengan yang lainnya.

Untuk itu, simak informasi di bawah ini sebagai pedoman dalam memilih rest area yang paling tepat, sesuai dengan kebutuhan istirahat anda di perjalanan.

Informasi ini akan sangat berguna jika anda sering melakukan perjalanan baik antar kota, maupun antar provinsi dengan menggunakan fasilitas jalan tol.

Baca Juga: Menghitung Luas Permukaan Bangun Ruang Kubus dan Balok, Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 122 123 124

  1. Rest Area Tipe A

Rest area tipe A merupakan rest area dengan fasilitas terlengkap dibandingkan rest area lainnya. Selain itu, kelengkapan fasilitas tersebut juga ditunjang dengan adanya lahan yang lebih luas.

Adapun, fasilitas yang diberikan di antaranya, ATM, toilet, SPBU, klinik kesehatan, bengkel, minimarket, mushola, warung atau kios, tempat parkir, ruang terbuka hijau atau taman, hingga restoran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat