bdadinfo.com

Sultan Hassanal Bolkiah Ternyata Berasal dari Minang, Super Tajir dan Penguasa Kerajaan Brunei Darussalam - News

Sultan Hassanal Bolkiah merupakan putra tertua dari Sultan Omar Ali Saifuddien III dan Raja Isteri (Ratu) Pengiran Anak Damit, Sultan Hassanal Bolkiah kemudian naik takhta sebagai sultan Brunei setelah ayahnya turun takhta pada 5 Oktober 1967.

Sultan Hassanal Bolkiah ibni Omar Ali Saifuddien III kelahiran 15 Juli 1946 adalah Sultan dan Yang di-Pertuan Brunei yang ke-29 dan saat ini sejak tahun 1967 dan Perdana Menteri Brunei sejak kemerdekaan dari Britania Raya pada tahun 1984.

Dia adalah salah satu penguasa monarki absolut terakhir di dunia. Sultan Hassanal Bolkiah merupakan putra tertua dari Sultan Omar Ali Saifuddien III dan Raja Isteri (Ratu) Pengiran Anak Damit, Sultan Hassanal Bolkiah kemudian naik takhta sebagai sultan Brunei setelah ayahnya turun takhta pada 5 Oktober 1967.

Sejarah budaya tokoh dan mitos tentang Minangkabau Raja Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah siapa yang gak kenal beliau seorang pemimpin negara yang makmur kaya raya.

Baca Juga: Ngapain Jauh-jauh ke San Francisco? Jembatan di Batam Ini Gak Kalah Indah dari Golden Gate Kok!

Dan terkenal tetapi tahukah di sana ternyata beliau adalah keturunan Minangkabau Mari kita bahas lebih detail dan santai siapa beliau.

Sebagai menteri pertahanan Sultan Hassanal Bolkiah juga Panglima tertinggi Royal Brunei angkatan bersenjata Jenderal Kehormatan di Angkatan Bersenjata Inggris dan Indonesia dan Laksamana kehormatan Armada di angkatan laut Inggris.

Sultan Hassanal Bolkiah menunjuk dirinya sebagai Inspektur Jenderal polisi atau IGP dan Royal Brunei police Force.

Baca Juga: Habiskan Rp21,26 T! Intip Perkembangan Pembangunan Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami

Menurut silsilah keturunannya Sultan Hassanal Bolkiah merupakan salah satu keturunan Minang yang berasal dari Tiongbang Payakumbuh dalam buku tersilah Brunei the early History of Brunei karya Muhammad Jamil Al sufri.

Menyebutkan silsilah raja-raja Brunei Darussalam diketahui bahwa pendiri kerajaan ini Awang alak bertatar atau yang bergelar Sultan Muhammad Syah Awang ala betatar sendiri berasal dari Minangkabau.

Sultan Brunei ialah Kepala Negara Brunei memiliki garis keturunan kerajaan dapat diurutkan balik sampai abad ke-15 ke-29 Sultan Brunei ialah sebagai berikut.

Baca Juga: Messi dan Ronaldo Lewat! Keponakan Sultan Hassanal Bolkiah Satu Ini Jadi Pesepakbola Terkaya Sejagat

1. Muhammad Syah anak dari Sultan Ibrahim.
2. Ahmad Tang.
3. Sutan Syarif Ali
4.Sulaiman
5. Bolkiah
6. Abdul Kahar
7 Saiful Rizal
8 Syah Berunai
9 Sultan Hasan
10 Abdul Jalil Akbar
11 Abdul Jalil Jabar

Baca Juga: Messi dan Ronaldo Lewat! Keponakan Sultan Hassanal Bolkiah Satu Ini Jadi Pesepakbola Terkaya Sejagat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat