bdadinfo.com

Habiskan Rp21,26 T! Intip Perkembangan Pembangunan Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami - News

Pembangunan Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami (skyscrapercity.com)

- Kondisi dimana arus lalu lintas yang lewat pada ruas jalan yang ditinjau melebihi kapasitas rencana jalan tersebut akan mengakibatkan kemacetan.

Kemacetan itulah yang merupakan kecepatan bebas ruas jalan tersebut mendekati atau melebihi 0 km per jam, sehingga menyebabkan terjadinya antrian panjang.

Namun pemerintah memiliki solusinya, yaitu dengan merencanakan akan dibangun Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami yang mana akan menelan biaya anggaran sebesar Rp21,26 triliun.

Baca Juga: Berbagai Reaksi Netizen Soal Diangkatnya Gibran Jadi Cawapres Prabowo pada Pilpres 2024, Kecewa?

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memulai pembangunan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Elevated Cikunir-Ulujami untuk mengurangi kemacetan di wilayah DKI Jakarta.

Hal ini ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Penjaminan dan Perjanjian Regres Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami di Auditorium Kementerian PUPR pada Selasa 17 Oktober 2023 sebagaimana dikutip dari pu.go.id.

Adapun Surat Perjanjian Penjaminan Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami yang ditandatangani oleh Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) M. Wahid Sutopo selaku penyedia penjaminan pemerintah.

Baca Juga: Keren! Dikenal sebagai Brand untuk Wanita Seksi, Victoria’s Secret Luncurkan Koleksi bagi Disabilitas

Direktur Utama PT Jakarta Metro Ekspressway, Omar Dani Hassan sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang dibentuk oleh pemenang lelang yakni konsorium PT Marga Metro Nusantara.

Bahkan, turut hadir PT Adhi Karya dan PT Acset Indonusa.

Sedangkan Perjanjian Regres ditandatangani oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono sebagai Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) dan Direktur Utama PT PII, M.Wahid Sutopo.

Baca Juga: Waduh! Pengembang Kesulitan Selesaikan Proyek, Nasib Tol Kapal Betung Terancam: Sumatera Selatan Gigit Jari

Sebelumnya sudah ditandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Elevated Cikunir – Ulujami oleh Kepala BPJT dengan Direktur Utama PT. Jakarta Metro Ekspressway dan dihadiri oleh Direktur Bisnis PT. PII pada 11 Oktober 2023.

“Walaupun jalan tol di indonesia yang saat ini sudah ada 71 ruas atau sekitar 2.800 km kelihatannya sudah banyak, tapi itu semua belum apa-apa. Itu semua dalam rangka kita mengejar ketertinggalan menuju indonesia maju pada tahun 2045. Sudah tinggal sekitar 20 tahun lagi hingga 2045, pasti kita membutuhkan konektivitas yang lebih baik lagi,” ucap Menteri Basuki.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat