bdadinfo.com

Rampung 2024! Begini Progres Pembangunan Jalan Tol Jalur Pansela Rp269,45 M di DIY Hubungkan 2 Jalur di Jawa - News

Progres pembangunan Jalan Tol Jalur Pansela (Pexels.com)

- Pembangunan jalan merupakan kegiatan pemrograman dan penganggaran, pelaksanaan konstruksi, perencanaan teknis serta pengoperasian dan pemeliharaan jalan.

Jalan Tol adalah Jalan Bebas Hambatan yang bagian Sistem Jaringan Jalan dan sebagai Jalan nasional yang penggunanya diwajibkan membayar tol.

Memperlancar lalu lintas di daerah yang sudah berkembang dalam meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa untuk menunjang pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Gak Sabar! Yuk Intip Pembangunan Bandara Internasional Bintan Baru Seluas 800 Hektare, Target Rampung 2023

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah – DIY dan Direktorat Jenderal Bina Marga yang terus melanjutkan penyelesaian Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS)/ Pansela di Provinsi DIY.

Pemanfaatan Jalur Pansela ini diharapkan dapat menjadi jalur alternatif yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Timur.

Sehingga, beban lalu lintas bisa terbagi dan tidak menumpuk di Jalan Tol atau Lintas Pantura dan Lintas Tengah Jawa tersebut.

Baca Juga: Tak Selalu Laku Dipasaran! Inilah Alasan 5 Produk Gagal dari Brand Mewah Chanel

Adapun Asisten Pelaksana Pelaksanaan Jalan Nasional DIY BBPJN Jawa Tengah – DIY Wahyu Widiantoro menyatakan bahwa penyelesaian pembangunan Jalur Pansela di Provinsi DIY diharapkan rampung seluruhnya pada tahun 2024 mendatang.

“Untuk tahun ini, ada satu paket pembangunan yang sedang berjalan (ongoing), yaitu pembangunan Jalan Tepus – Jerukwudel II sepanjang 10,925 km. Harapannya pada akhir tahun ini dapat diselesaikan,” ujar Wahyu.

Dikarenakan progress fisik pembangunan Jalan Tepus – Jerukwudel II tersebut saat ini sudah mencapai 70,75 persen dengan total nilai kontrak sebesar Rp269,45 miliar.

Baca Juga: Resmi Diusung Prabowo Subianto Jadi Pendampingnya, Gibran Rakabuming: Tetap Santuy Walaupun Sedang Trending

Sementara itu, pada tahun 2023-2024 terdapat dua paket pekerjaan yang saat ini sedanf dalam proses persiapan diantaranya paket pembangunan Jalan Baru Kretek – Girijati sepanjang 5,64 km dan paket pembangunan Jembatan Pandansimo.

“Paket Pembangunan Jalan Baru Kretek – Girijati sedang dalam persiapan kontrak dengan nilai sebesar Rp 261,61 miliar. Sementara, untuk Jembatan Pandansimo statusnya masih proses persiapan lelang,” ucap Wahyu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat