bdadinfo.com

Alhamdulillah, Presiden Jokowi Sebut Sumatera Barat Surplus Beras: Cadangannya Banyak - News

Presiden Jokowi tinjau gudang bulog baru di Padang, Sumbar. (Dok Setkab)

- Presiden Joko Widodo meninjau persediaan stok beras di Gudang Bulog Baru Rawang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu 25 Oktober 2023 lalu.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengapresiasi Provinsi Sumatera Barat lantaran produksi beras surplus.

Tak hanya Sumatera Barat, Presiden Jokowi juga meminta kepada daerah lain untuk tetap menyediakan cadangan beras.

Baca Juga: Intip Progres Pembangunan Jaringan Perpipaan IPAL di Pekanbaru, Ternyata Butuh Belasan Ribu Sambungan Rumah!

"Sebetulnya di Provinsi Sumatera Barat ini kan surplus, tetapi apapun yang namanya cadangan (beras) itu harus ada. Oleh sebab itu, kalau tadi kita lihat di gudang Bulog cadangan (beras) banyak,” kata Presiden Jokowi dikutip lagi Jumat 27 Oktober 2023.

Pada kunjungan ke Tanah Minang, Kepala Negara turut menyerahkan bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) kepada keluarga penerima manfaat (KPM).

Mantan Wali Kota Solo ini pun berharap para KPM menerima seluruh bantuan sebanyak tiga kali hingga bulan November mendatang.

Baca Juga: Menentukan Rasio, Skala Denah, Jarak Sebenarnya, Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 107-112 Latihan 3.2

“Ini pembagian bantuan pangan berupa beras bulan September, Oktober, November saya cek ada yang sudah menerima sekali, ada yang sudah dua kali. Saya kira nanti November semuanya insya Allah akan selesai tiga kali,” ucap Presiden.

Tidak hanya sampai November, menurut Presiden pemerintah telah memutuskan untuk menambah bantuan pangan CBP pada bulan Desember.

Selain itu, pemerintah juga tengah menyiapkan skema pemberian bantuan langsung tunai (BLT) el nino kepada masyarakat.

Baca Juga: Hasil Uji Laboratorium Bantah Warga Bukittinggi Konsumsi Beras Plastik

Hal itu bertujuan untuk tetap menjaga daya beli masyarakat di tengah fenomena super el nino yang terjadi.

“Karena ada super el nino dan kita tau ini jangan sampai mengurangi daya beli rakyat, daya beli masyarakat, kita juga akan mengeluarkan BLT el nino pada bulan November dan Desember, Rp200.000, Rp200.000, (total) Rp400.000,” jelasnya.

Di kesempatan terpisah, Wali Kota Padang, Hendri Septa menghaturkan terima kasih kepada Presiden Jokowi lantaran telah melakssnakan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Padang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat