bdadinfo.com

Proyek Jalan Tol Padang Sicincin Nyaris Rampung! Sumbar dan Riau Bakal Diserbu? - News

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melanjutkan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru–Padang, Seksi 1 Padang–Sicincin sepanjang 36,6 km. Ruas tol ini merupakan bagian dari Sirip (koridor pendukung) Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang akan meningkatkan konektivitas antara Provinsi

- Pembanguanan proyek jalan tol Padang Sicincin memang sangat lamban seperti jalan keong. Namun, sekarang pembangunan jalan tol Padang Pekanbaru sesi Padang Sicicin sudah mulai terlihat signifikan progresnya.

Jalan Tol Padang Sicincin yang berlokasi di Sumatra Barat ini masih menjadi bagian dari Jalan Tol Bukittinggi Padang dan mulai dibangun pada tahun 2018 dan ditergetkan Lebaran tahun depan bisa dilalui pemudik.

Jalan tol Padang Sicincin ini memiliki main road sepanjang 36,6 km, dan direncanakan memiliki 3 gerbang tol serta 19 jembatan.

Baca Juga: Kemeja Garis Hitam Putih Ganjar Pranowo Disebut bak Bidak Catur, Kaesang: Maksudnya Apa?

Jalan Tol Padang Sicincin adalah Jalan Tol Trans Sumatera yang merupakan bagian dari Jalan Tol Padang Pekanbaru yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Riau melewati Lembah Anai.

Lembah Anai merupakan deretan tebing curam yang terletak di Padang Panjang terus menyeberang jurang di Ngarai Sianok, Bukittinggi dan bersambung dengan kelok sembilan di Payakumbuh.

Proyek jalan tol sepanjang 27 km ini merupakan tahap pertama pengerjaan Jalan Tol Padang Pekanbaru. 

Baca Juga: Jalan Tol Indralaya Prabumulih Resmi Dibuka, Inilah Harapan dari Presiden Jokowi

Menanggapi hal tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melanjutkan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru Padang, Seksi 1 Padang–Sicincin sepanjang 36,6 km.

Ruas tol ini merupakan bagian dari Sirip (koridor pendukung) Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang akan meningkatkan konektivitas antara Provinsi Riau dengan Sumatera Barat (Sumbar).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kecepatan pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru ini akan sangat tergantung pada dukungan pemerintah daerah (Provinsi Sumbar dan Pemerintah Kota/Kabupaten terkait) dalam pembebasan lahan yang dilalui ruas tol.

Baca Juga: Dongkrak Pertanian Kalsel! Bupati Aulia dan Kementerian PUPR Fokus Pembangunan Bendungan Pancur Hanau

"Kuncinya sekarang ada Pemerintah Kabupaten, Kota dan juga Provinsi. Seandainya tanahnya clear, maka kita siap untuk melanjutkan dan mempercepat pembangunannya," kata Menteri Basuki.

Pembangunan Tol Padang–Sicincin dimulai pada Februari 2018 dengan progres konstruksi saat ini mencapai 45,5% dan progres pembebasan lahan 81,2%.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat