bdadinfo.com

Mengintip Progres Proyek Dibawah Pimpinan Gibran, Elevated Rail di Surakarta yang Telan Dana Rp980 Miliar - News

Inilah Proyek Gibran Rakabuming Raka, Elevated Rail di Surakarta: Telan Dana Rp980 Miliar/ Ilustrasi Chrish

- Gibran Rakabuming Raka menjadi Wali Kota Solo, Surakarta dan mulai menjalankan proyek-proyek besar.

Salah satunya adalah Rel Layang (Elevated Rail) Simpang Tujuh Joglo yang sedang dibangun. 

Elevated Rail Simpang Tujuh Joglo mulai digarap pada Januari 2022 dan bertujuan untuk mengurangi kemacetan di perlintasan sebidang Simpang Joglo, Solo.

Baca Juga: Tol Padang Pekanbaru Nggak Ada Apa-apanya, Tol Bawen Salatiga Dijuluki 'Panoramic Roads' Kalahkan Tol Swiss

Rel layang ini juga mampu mempersingkat headway (waktu kedatangan) kereta api dari di atas 30 menit menjadi kurang dari 15 menit.

Seperti diketahui, jalur Simpang Joglo mempunyai frekuensi pergerakan kereta api cukup padat karena ada 3 jenis kereta yang melewatinya.

Kereta tersebut adalah Kereta Jarak Jauh (penumpang dan barang), Kereta Bandara Adi Sumarmo (BIAS), serta Kereta Komuter Solo-Jogja.

Baca Juga: Termasuk Bandar Udara IKN, Infrastruktur Ini Akan Selesai Tahun 2024 Mendatang: Siap Pindah Ke Ibu Kota Baru?

Dilansir dari website Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, pembangunan fase pertama rel ganda mengeluarkan dana sekitar Rp980 miliar.

Elevated rail pertama yang dibangun merupakan rute KA Solo-Semarang sepanjang 7 km.Pondasi yang digunakan di titik awal dekat dengan Simpang Joglo adalah dengan bore pile.

Panjang jalur pembangunan fase pertama rel tersebut adalah 1,3 km, yang dimulai dari Gilingan dan turun sebelum Stasiun Kadipiro.

Baca Juga: Inilah Tokoh yang Ngotot Pembentukan Provinsi Baru Sumatera Tengah dengan Ibukota Kabupaten Dharmasraya

Sedangkan, bentangan baja maksimal mulai dari Gilingan adalah 134 m, yang berstruktur lengkungan baja dengan desain ikonik Kota Surakarta.

Lalu biaya Rp 920 miliar dimulai dari rute Solo Balapan sampai Kalioso, yang dibangun berupa rel ganda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat