bdadinfo.com

Inilah Tokoh yang Ngotot Pembentukan Provinsi Baru Sumatera Tengah dengan Ibukota Kabupaten Dharmasraya - News

Ketua Inisiator pembentuk Sumatera Tengah, Zulfikar Atut Datuk Penghulu Besar sendiri diketahui selama ini sebagai salah satu tokoh masyarakat Kabupaten Dharmasraya-Sumbar.

 

- Berdasarkan data yang dihimpun ada surat usulan pembentukan Provinsi Sumatera Tengah sudah diajukan kepada Presiden Jokowi pada tanggal 27 Oktober 2022 yang lalu, dengan nomor surat: 01/X/IPST-2022.

Diktehaui, bahwa surat usulan provinsi baru itu ditandatangani Zulfikar Atut Datuk Penghulu Besar selaku Ketua Inisiator pembentuk Sumatera Tengah.

Sosok tokoh ini adalah Zulfikar Atut Datuk Penghulu Besar sendiri diketahui selama ini sebagai salah satu tokoh masyarakat Kabupaten Dharmasraya-Sumbar.

Baca Juga: Termasuk dari Mantan Gubernur DKI Jakarta, Berikut Para Purnawirawan yang Siap Mendukung Anies - Cak Imin

Diantara isi surat ditujukan kepada Presiden Jokowi itu menyebutkan ‘Usulan ini kami ajukan untuk mewujudkan daya saing masyarakat pada 7 Kabupaten dan Kota yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau, dan Provinsi Jambi’.

Walaupun saat ini masih menuai pro dan kontra, ternyata sudah ada lahan untuk rencana perkantoran terpadu Pemprov Sumatera Tengah dikawasan Kecamatan Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya tersebut.

Memang wacana pemekaran wilayah kembali menjadi sorotan di Provinsi Sumatera Barat. Jika, provinsi baru Sumatera Tengah berdiri tenyata ada sekitar tujuh kabupaten yang akan keluar dari provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga: Minimal D3! Dibuka Loker di PT Oneproject Indonesia,Inilah Posisi yang Dibutuhkan

Benarkah Provinsi Baru Sumatera Tengah bakal terwujud sebentar lagi? Menurut surat yang dikirim pada 27 Oktober 2022, pemerintah memohon persetujuan untuk merealisasikan pembentukan provinsi pemekaran ini.

Wajib dicatat usulan pembentukan Provinsi Sumatera Tengah masih dalam tahap wacana dan belum ada kepastian kapan rencana ini akan terealisasi masih menunggu dan masih banyak pro dan kontra didalamnya.

Siapa yang tidak mengenal Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang.

Provinsi Sumatera Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Baca Juga: IKN Buat Bandara Baru Megah, Target Rampung Akhir Tahun 2024! Dilandasi Pesawat Terbesar di Dunia pun Sepele

Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat