bdadinfo.com

Untung Besar! 2 Kabupaten di Sumbar Ini Rebutan Jadi Sirip Tol Riau, Jambi Juga Ikut 'Kecipratan'? - News

2 Kabupaten di Sumbar Ini Rebutan Jadi Sirip Tol Riau karena Bisa Untung Banyak, Jambi Juga Ikut Kecipratan  (Pixabay.com/Sabine )

– Sumatera Barat (Sumbar) tengah disibukkan dengan pengerjaan ruas jalan tol Padang Pekanbaru yang terdiri dari 6 seksi.

Usut punya usut, ternyata ada 2 kabupaten yang juga tak ketinggilan rebutan ingin agar daerahnya menjadi sirip dari jalan tol Trans Sumatera yang menuju ke arah Sumbar, tepatnya adalah sirip tol Pekanbaru – Rengat.

Jika usulan ini dapat direalisasi maka 2 kabupaten tersebut bisa untung banyak di sektor ini, tak hanya Sumbar dan Riau, Provinsi Jambi juga bisa kecipratan untung.

Baca Juga: Bukan Tol Padang Sicincin, Ternyata Ini Ruas Jalan Tol Termegah di Sumatera Barat dan Se-Asia Tenggara

Keduanya secara geografis jika ditarik garis lurus memiliki jarak yang juga tak jauh dengan ruas jalan tol Pekanbaru - Rengat.

2 wilayah di Sumbar tersebut adalah Kabupaten Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Solok Selatan.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, telah mengirim surat secara resmi kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terkait keinginan tersebut.

Baca Juga: ‘Lobi’ Gubernur Sumbar ke Kementerian PUPR Berhasil, Flyover Sitinjau Lauik Masuk Tahap Groundbreaking

Isi surat usulan itu adalah untuk meminta pemerintah pusat agar bisa membangun sirip jalan tol dari Dharmasraya hingga ke Rengat di Provinsi Riau.

Usulan pemerintah ini telah pula direspon langsung oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Bupati Dharmasraya mengatakan bahwa masyarakat di daerahnya menggantungkan perekonomian di sektor pertanian dan perkebunan, sehingga infrastruktur menjadi hal vital untuk menyokong perekonomian.

Baca Juga: Jalan Tol Pertama di Kalimantan, Inilah Sederet Fakta Menarik Jalan Tol IKN Ruas Balikpapan - Samarinda

“Umumnya, kami memohon agar rencana pembangunan feeder tol Rengat bisa dipercepat pembangunannya,” ujar Sutan Riska Tuanku Kerajaan dinukil dari tayangan YouTube @Info_Pagi.

Harapannya tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya waktu tempuh yang dibutuhkan dari Dharmasraya ke Jambi yakni 5 jam, ke Pekanbaru 5 jam, ke Padang 4 jam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat