bdadinfo.com

Presiden Jokowi Ungkap Mega Proyek Jalan Tol IKN Progres Sudah 55 Persen, 2024 Sudah Fungsional? - News

Presiden Jokowi Ungkap Mega Proyek Jalan Tol IKN Progres Sudah 55 Persen, 2024 Sudah Fungsional? (bpjt.pu.go.id)

– Di akhir masa jabatannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mengebut beberapa mega proyek di Indonesia.

Salah satunya adalah mega proyek jalan tol Ibu Kota Nusantara (IKN) yang ada di Kalimantan.

Berdasarkan pernyataannya, saat ini update progres tol IKN sudah mencapai 55 persen. Lalu apakah tahun 2024 bisa fungsional?

Baca Juga: Tinjau Langsung Mega Proyek Jalan Tol IKN, Presiden Jokowi Ungkap Sudah Siapkan 60 Ribu Pohon untuk Alasan Ini

Tol IKN merupakan jalan tol yang nantinya akan menghubungkan Balikpapan ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Panjang totalnya yakni mencapai 57 km dan saat ini progres sudah cukup signifikan dengan persentase lebih dari setengahnya.

Saat melakukan kunjungan kerja pada Rabu, 1 November 2023 kemarin, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa jalan tol tersebut akan memberikan manfaat luar biasa karena mampu memangkas waktu tempuh.

Baca Juga: Mega Proyek Baru! Pembangunan Jalan Tol Jakarta Outer Ringroad Telan Biaya Rp21,2 Triliun, Urgensinya Apa?

Jika sudah rampung sepenuhnya, tol akses IKN Nusantara ini akan mempercepat mobilitas barang dan juga orang yang hendak keluar masuk IKN.

Tak lupa, beragam saran dan fasilitas penunjang lainnya juga disiapkan saat membangun jalan tol IKN misalnya seperti pengamanan di sepanjang jalan tol dan juga tempat istirahat (rest area) untuk para pelintasnya.

Saat berada di Balikpapan, Kalimantan Timur, Presiden Jokowi menyebut bahwa waktu tempuh yang terpangkas yakni lebih dari setengahnya jika dibandingkan dengan melewati jalur non-tol.

Baca Juga: Proyek Monorel Jakarta Mangkrak Belasan Tahun, Rencananya Target Rampung Sebelum 2024 Begini Nasibnya Kini

Jika biasanya waktu tempuh untuk perjalanan Balikpapan menuju IKN membutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 menit, maka dengan menggunakan jalan tol waktunya dapat terpangkas hanya menjadi 50 menit saja.

Jika dilihat dari progresnya yang saat ini sudah mencapai 55 persen maka besar harapannya agar jalan tol tersebut dapat difungsionalkan pada pertengahan tahun 2024 mendatang atau tepatnya pada bulan Juni 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat