bdadinfo.com

Progres Pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik: Menteri PUPR Setujui KPBU, Gubernur Sumbar Segera Lakukan ini - News

Progres Pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik: Menteri PUPR Setujui KPBU, Gubernur Sumbar Segera Lakukan ini (sahabat.pu.go.id)

– Selain disibukkan dengan mega proyek jalan tol, Sumatera Barat (Sumbar) juga tengah serius menggarap pembangunan fly over (jalan layang) di Sitinjau Lauik.

Update progres terkini mengatakan bahwa Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono telah menyetujui terhadap prakarsa pengusahaan Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) fly over Sitinjau Lauik.

Dilansir dari akun Instagram @humas.sumbar, Kamis, 2 November 2023, melalui surat tertanggal 30 Oktober 2023 nomor BM 0201-Mn/2407 perihal Persetujuan Prakarsa Pengusahaan KPBU Flyover Sitinjau Lauik.

Baca Juga: Mega Proyek Baru! Pembangunan Jalan Tol Jakarta Outer Ringroad Telan Biaya Rp21,2 Triliun, Urgensinya Apa?

Dengan persetujuan tersebut, Gubernur Sumbar, Mahyeldi, menyebutkan bahwa akan segera menyelesaikan Revisi RTRW Sumbar dan mendorong percepatan izin di kawasan hutan dari Kementerian LHK.

Pada 31 Maret 2023 lalu, segala kelengkapan dokumen dan studi kelayakan pengusahaan KPBU Fly Over Sitinjau Lauik telah dikirimkan Dirut PT Hutama Karya selaku pimpinan Konsorsium PT Infrastruktur.

Hal tersebut dilakukan usai melakukan tahapan "value engineering" bersama kementerian PUPR, KNKT, Bappeda, Dinas BMCKTR, dinas LH, Dinas Kehutanan dan dinas perhubungan Sumatera Barat serta lembaga terkait lainnya.

Baca Juga: Awas Ditilang! 8 Poin Pelanggaran ETLE di Tol Pekanbaru – Dumai: Mulai dari Batas Kecepatan Hingga Rambu Jalan

Kendati telah disetujui oleh Menteri PUPUR, beberapa poin perlu untuk ditindaklanjuti agar instruksi Presiden RI memancang tiang pertama (groundbreaking) Fly Over Sitinjau Lauik pada 19 Desember 2023 dapat terealisasi.

Pada tanggal 19 Desember 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga berencana untuk hadir secara langsung dalam memimpin Upacara Hari Bela Negara (HBN) di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Keberadaan Fly Over ini sangat penting dan didamba-dambakan oleh masyarakat Sumatera Barat.

Baca Juga: Baru Diresmikan! Tol Indralaya - Prabumulih Habiskan Rp12,5 Triliun, Jokowi Sebut Nilainya Sepadan karena…

Diharapkan agar proyek tersebut bisa segera terealisasi sehingga segera berdampak pada perekonomian dan kenyamanan masyarakat pengguna jalan di Sumbar.

Rencana pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik yang menghubungkan Kota Padang dengan Kabupaten Solok.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat