bdadinfo.com

Tinjau Langsung Mega Proyek Jalan Tol IKN, Presiden Jokowi Ungkap Sudah Siapkan 60 Ribu Pohon untuk Alasan Ini - News

Tinjau Langsung Mega Proyek Jalan Tol IKN, Presiden Jokowi Ungkap Sudah Siapkan 60 Ribu Pohon untuk Alasan Ini  (pu.go.id)

– Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak hanya berfokus pada pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dan Jalan Tol Trans Jawa melainkan juga menaruh perhatian besar pada pembangunan jalan tol di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pada Rabu, 1 November 2023 kemarin, Presiden Jokowi bahkan meninjau langsung untuk mengetahui progres pembangunan jalan tol di IKN.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Presiden Jokowi ungkap sudah menyiapkan 60 ribu pohon endemik.

Baca Juga: Progres Pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik: Menteri PUPR Setujui KPBU, Gubernur Sumbar Segera Lakukan ini

Untuk sekadar informasi, jalan tol tersebut nantinya bakal mengkoneksikan Balikpapan ke kawasan IKN.

Sejumlah area proyek pembangunan jalan tol IKN dilakukan peninjauan langsung oleh Presiden Jokowi yakni di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Berdasarkan keterangan resminya usai melakukan peninjauan, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa pembangunan jalan tol di IKN tersebut sudah pasti akan memberi manfaat.

Baca Juga: Mega Proyek Baru! Pembangunan Jalan Tol Jakarta Outer Ringroad Telan Biaya Rp21,2 Triliun, Urgensinya Apa?

Salah satunya adalah dapat memangkas waktu tempuh untuk rute Balikpapan – IKN menjadi lebih cepat.

Hal ini karena sebelum dibangunnya jalan tol IKN, waktu tempuh untuk perjalanan rute Balikpapan – IKN membutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 menit.

Jika jalan tol IKN tersebut tuntas, maka perjalanan waktu akan menjadi lebih singkat karena waktu tempuhnya terpangkas lebih dari setengahnya yakni hanya 50 menit saja.

Baca Juga: Target Lebaran 2024 Fungsional, Kebut-kebutan Penggarapan Tol Padang Sicincin Tetap Fokus Pada 3 Komponen Ini

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengatakan bahwa jarak Balikpapan – IKN yakni mencapai 57 km dan dengan adanya jalan tol tersebut maka dapat mempercepat mobilitas barang dan orang yang hendak menuju ke Nusantara.

Progres pembangunan jalan tol tersebut saat ini sudah mencapai hampir 55 persen dan dirinya berharap bahwa jalan tol itu sudah dapat difungsikan pada pertengahan tahun 2024 atau pada bulan Juni mendatang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat