bdadinfo.com

Bendungan Leuwikeris Ditargetkan Selesai Tahun 2023,Siap Dukung Irigasi untuk Tasikmalaya, Ciamis, dan Cilacap - News

Bendungan Leuwikeris Ditargetkan Selesai Tahun 2023, Siap Dukung Irigasi untuk Tasikmalaya, Ciamis, dan Cilacap/Pu.go.id

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air terus mempercepat pembangunan Bendungan Leuwikeris yang terletak di Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis, Jawa Barat.

Bendungan Leuwikeris ini ditargetkan beres akhir tahun 2023 ini dan mulai melaksanakan proses impounding atau pengisian air awal.

Bendungan Leuwikeris sendiri termasuk dalam Program Strategis Nasional (PSN) Bidang Sumber Daya Air yang masuk dalam Peraturan Presiden (Perpres) No 109 Tahun 2020.

Baca Juga: Tuntas Akhir Tahun 2023! Sumatera Utara Siap Sambut 4 Jalan Tol Baru di Daerahnya: Total Panjang Capai 103 Km 

Bendungan Leuwikeris didesain memiliki kapasitas tampung sekitar 81,44 juta m3 (+sendimen) dan luas Daerah Aliran Sungai (DAS) mencapai 646 km2 dengan total biaya sekitar Rp2,8 triliun.

Pembangunan bendungan sendiri ditujukan ketersediaan air dan ketahanan pangan. Bendungan Leuwikeris sendiri diperuntukan sebagai sumber air baku untuk Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar hingga Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan bendungan bertujuan untuk peningkatan volume tampungan air sehingga suplai air irigasi dan air baku akan terjaga di segala musim.

Baca Juga: Asyik! Jelang Akhir Tahun 2023, 6 Ruas Jalan Tol JTTS ini Rampung Secara Bersamaan: Tahun Baru Tol Baru

Selain itu, bendungan juga bisa berperan sebagai pengendali banjir. Diketahui bahwa bendungan Leuwikeris ini dapat mereduksi banjir sebesar 11,7% dari 509,7 m3/detik menjadi 450,02 m3/detik.

"Sungai Citanduy belum memiliki bendungan. Apabila bendungannya sudah rampung, maka kontinuitas suplai air ke sawah terjaga. Selama ini lahan pertanian kerap mengalami banjir saat musim hujan dan kekurangan air pada musim kemarau," kata Menteri Basuki sebagaimana Dikutip dari laman resmi pu.go.id.

Bendungan Leuwikeris ini akan menyuplai air irigasi untuk Daerah Irigasi (DI) Lakbok Utara di Ciamis seluas 6.600 hektare dan DI Manganti di Cilacap seluas 4.616 hektare, sehingga dapat mendorong peningkatan indeks pertanian (IP).

Selain sebagai penyedia air irigasi, Manfaat lainnya untuk menyediakan air baku sebesar 845 liter/detik untuk Kota Banjar, Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis.

Baca Juga: Asyik! Jelang Akhir Tahun 2023, 6 Ruas Jalan Tol JTTS ini Rampung Secara Bersamaan: Tahun Baru Tol Baru

Bendungan Leuwikeris juga memiliki potensi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebesar 20 megawatt (MW) serta tujuan pariwisata, konservasi air tanah, dan perikanan air tawar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat