bdadinfo.com

Catat! Mulai 10 November Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Indrapura-Lima Puluh Sudah Beroperasi: Masih Gratis - News

Catat! Mulai 10 November Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Indrapura-Lima Puluh Sudah Beroperasi: Masih Gratis (bpjt.pu.go.id)

Dua ruas jalan tol terbaru di Sumatera Utara akan segera beroperasi mulai besok.

Ruas Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Indrapura-Lima Puluh memiliki panjang 15,6 km dan 28,5 km dan mulai besok 10 November 2023 Pukul 10.00 WIB akan beroperasi dengan tarif gratis.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa dua ruas tol ini sebelumnya telah melalui Uji Laik Fungsi (ULF) pada tanggal 22 – 25 Agustus 2023.

Baca Juga: Siap-siap! Sumatera Utara Loloskan 2 Jalan Tol yang Bakal Segera Beroperasi: Sudah Uji Laik Fungsi

Dinilai telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) dengan dikeluarkannya Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada tanggal 8 September 2023 untuk Jalan Tol Indrapura - Lima Puluh dan untuk Jalan Tol Tebing Tinggi - Indrapura pada tanggal 19 September 2023.

Hutama Karya akan mengoperasikan Jalan Tol Indrapura - Lima Puluh, sementara Hamawas mengoperasikan Jalan Tol Tebing Tinggi – Parapat Seksi 1 Tebing Tinggi – Junction Indrapura.

Dari segi fasilitas, jalan tol ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti 4 gardu tol, 29 unit CCTV, 3 unit VMS, dan 27 unit armada siaga pada Jalan Tol Indrapura - Lima Puluh dan 2 gerbang tol, 7 gardu tol, 70 unit CCTV, 4 unit VMS serta 16 unit armada siaga pada Jalan Tol Tebing Tinggi - Indrapura.

Baca Juga: Tanda Tanya Besar! Nasib Jalan Tol Trans Sumatera yang Belum Tuntas Usai Jokowi Pensiun, Lanjut Terus?

Selama masih dalam masa sosialisasi kedua jalan tol ini dapat digunakan tanpa dikenakan tarif atau gratis.

Hingga nantinya terbit penetapan Kepmen Tarif. Namun, Hutama Karya mengimbau pengguna jalan untuk tetap melakukan tapping kartu Uang Elektronik (UE) di gerbang tol, memastikan fisik kartu UE dalam kondisi baik dan chip-nya masih berfungsi serta tetap memastikan kecukupan saldonya.

Untuk kesiapan pengoperasian telah dilakukan berbagai hal antara lain seperti:

Baca Juga: Siap-siap Semarang Yogyakarta 1,5 Jam! Tol Yogyakarta – Bawen Ditargetkan Segera Rampung, Awal 2024?

Pelatihan dan simulasi yang meliputi aspek keselamatan,

Manajemen lalu lintas jalan,

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat