bdadinfo.com

Siap-siap Semarang Yogyakarta 1,5 Jam! Tol Yogyakarta – Bawen Ditargetkan Segera Rampung, Awal 2024? - News

Siap-siap Semarang Yogyakarta 1,5 Jam! Tol Yogyakarta – Bawen Ditargetkan Segera Rampung, Awal 2024? (simpulkpbu.pu.go.id)

– Salah satu mega proyek di Pulau Jawa yang saat ini serius tengah dikebut pembangunannya adalah ruas jalan tol Yogyakarta – Bawen.

Jalan tol yang pengerjaannya terbagi menjadi 6 seksi ini, pada salah satu seksinya saat ini memiliki progres pembangunan yang signifikan dan ditargetkan akan segera rampung dalam waktu dekat.

Dengan terealisasinya jalan tol Yogyakarta – Bawen secara penuh makamaka masyarakat dapat memangkas waktu tempuh dari Semarang ke Yogyakarta hanya dalam 1,5 saja.

 Baca Juga: Revolusioner! Ketum Korpri Prof Zudan Ajak 4,4 Juta ASN Jadi Orang Tua Asuh Bayi Stunting

Adanya jalan tol Yogyakarta – Bawen ini apabila sudah beroperasi penuh dapat mempercepat akses perjalanan yang melewati dua provinsi tetangga di Pulau Jawa tersebut.

Diharapkan jalan tol tersebut akan semakin memperlancar arus distribusi barang dan jasa, pengembangan industri dan pariwisata, serta meningkatkan konektivitas khususnya di sisi selatan Pulau Jawa.

Padahal sebelumnya, masyarakat yang menggunakan akses jalan non-tol di jalan arteri dengan rute Semarang – Yogyakarta atau sebaliknya bisa menghabiskan waktu hingga 3 jam perjalanan.

Baca Juga: Habis-habisan Siapkan Proyek Stadion untuk Piala Dunia U-17, Langsung Tuai Pujian dari Pelatih Timnas Brazil

Lebih lanjut, untuk pembangunan jalan tol Yogyakarta – Bawen yang saat ini tengah dikebut adalah pada seksi 1 Yogyakarta – Banyurejo.

Pembangunannya termasuk memiliki progres yang cepat dan saat ini sudah mencapai 59,93 persen.

Sehingga pemerintah menargetkan bahwa jalan tol yang memiliki panjang mencapai 8,8 km ini dapat selesai pada Kuartal 1 Tahun 2024 atau pada awal tahun 2024 mendatang.

Baca Juga: Mega Proyek Baru! Pembangunan Jalan Tol Jakarta Outer Ringroad Telan Biaya Rp21,2 Triliun, Urgensinya Apa?

Kendati demikian, pembangunan jalan tol ini bukan berarti mulus dan mudah.

Hal ini karena dalam pembangunannya ada bangunan Cagar Budaya yang terdampak oleh proyek ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat