bdadinfo.com

Cilacap – Yogyakarta Berkendara Cuma 3 jam. Siap-Siap Proyek Pembangungan Akan Dimulai! - News

Cilacap – Yogyakarta Berkendara Cuma 3 jam. Siap-Siap Proyek Pembangungan Akan Dimulai!/Pexels

– Deretan pembangunan infrastruktur jalan tol masif dilakukan sebagai proyek strategis nasional.

Salah satunya proyek jalan tol trans jawa yang melintasi wilayah metropolitan di provinsi Jawa Tengah, yaitu Banjarnegara-Purbalingga-Banyumas-Cilacap-Kebumen atau disingkat Barlingmascakeb.

Pembangunan proyek jalan tol Cilacap – Yogyakarta sepanjang 121 kilometer ini memiliki nilai dana Rp38 triliun dengan sumber pendanaan dari ESP-ADB. Proyek jalan tol ini telah melewati tahap perencanaan dan akan masuk proses konstruksi.

Baca Juga: Anggaran Hingga Rp1,02 Triliun! Inilah Bendungan Pertama di Sulawesi Barat

Rute jalan tol tahap 3 junction Cilacap – Sumpiuh akan dimulai setelah tahap 1 simpang susun Kebumen – Kulon Progo rampung.

Proyek konstruksi jalan tol tahap 1 yang dimulai pada kuartal III 2024 dari Kebumen akan terhubung dengan akses jalan ke Yogyakarta International Airport.

Diantara 3 exit tol yang dimiliki Kebumen, salah satunya akan terhubung dengan Cilacap tepatnya di junction Sumingkir.

Baca Juga: Buruan Ngelamar! PT Dinasira Sembada Buka Loker, Berikut Posisi dan Kualifikasinya

Rute Cilacap – Yogyakarta ini akan bertemu dengan jalan tol Gedebage – Cilacap yang membentang 206 kilometer dan jalan tol Tegal – Cilacap yang membentang 231 kilometer.

Jalan tol Cilacap – Yogyakarta direncanakan memiliki 2 junction dan 4 simpang susun.

Diharapkan proyek jalan tol ini akan mempermudah terbukanya akses ketiga provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Ssst...! Naik Bus TransJakarta Bisa Gratis Loh, Catat! Begini Persyaratan dan Caranya

Terbukanya infrastruktur jalan tol ini akan mempersingkat waktu tempuh dan mempercepat perkembangan ekonomi dan pariwisata yang ada.

Saat ini akses jalan dari Cilacap menuju Yogyakarta ditempuh selama lebih dari 4 jam. Namun setelah beroperasinya tol bebas hambatan ini waktu tempuh menjadi lebih singkat yaitu diperkirakan maksimal hanya 3 jam saja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat