bdadinfo.com

Inilah Sejarah Berdirinya Jalan Tol Jakarta - Merak, Rute yang Dibangun Pertama Mengarah ke Pelabuhan Merak - News

Inilah Sejarah Berdirinya Jalan Tol Jakarta - Merak, Rute yang Dibangun Pertama Mengarah Pelabuhan Merak/ Pu. Go. Id


- Jika para pengendara yang ingin menyebrang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera, biasanya melalui pelabuhan merak sebagai tempat untuk penyeberangan dari Jawa ke Sumatera.

Kapal-kapal yang berada di Pelabuhan Merak. selalu melayani penyeberangan para penumpang seperti kendaraan angkutan bus, truk, mobil, sepeda motor, hingga alat-alat berat.

Dalam sekali menggunakan perjalanan kapal feri, penyeberangan dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni Lampung, rata-rata memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Baca Juga: Pastikan Saldo E-Toll Anda Cukup! Ini Daftar Tarif Tol Medan-Kualanamu Tebing Tinggi Diberlakukan Hari Ini

Tetapi dalam perjalanan dari Kota Jakarta ke Merak, tentu saja membutuhkan waktu sekitar 6 jam perjalanan, dengan menempuh jarak sekitar kurang dari 110 Kilometer.

Sehingga para pengendara yang ingin berangkat ke Pelabuhan Merak, harus melalui jalur Tol Jakarta - Tangerang - Merak, yang pasti memiliki sejarah yang tentu akan diingat saat ini.

Jalan Tol Jakarta – Merak, merupakan jalan tol yang dibuat pada tahun 1984 setelah dibangun Jalan Tol Jagorawi untuk ruas Jakarta - Bogor - Ciawi, pada tahun 1978.

Baca Juga: Anggaran Hingga Rp1,02 Triliun! Inilah Bendungan Pertama di Sulawesi Barat

Jalan tol tersebut, menghubungkan antara Kota Jakarta dengan Pelabuhan Merak dengan panjang 98 kilometer dan terbagi atas dua bagian :

1. Jalan Tol Jakarta - Tangerang, yang dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk
2. Jalan Tol Tangerang - Merak yang dikelola PT Marga Mandalasakti.

Tol Jakarta Merak, juga dikembangkan pada tahun 1984 oleh sejumlah kontraktor dari sektor BUMN yang berkolaborasi dengan pelibatan sektor swasta dan investor asing.

Jalan Tol Jakarta - Merak, merupakan jalur nadi sebagai penghubungan antara Pulau Jawa dengan Pulau Sumatra, dengan Jalan tol Trans Sumatera yang saat ini sedang dibangun.

Baca Juga: Dua Pejabat Ini yang Loloskan Pembangunan Starbucks Sekutu Zionis Israel di Padang, Kok Bisa?

Karena saat ini, jalan tol tersebut dibagi menjadi 2 bagian yaitu Jakarta - Tangerang, dan Tangerang - Merak, sehingga Tangerang menjadi tol penghubung antara Jakarta dan Merak.

Seiring waktu, jalur tol Jakarta - Merak menjadi yang paling banyak dilalui oleh pengendara baik Mobil, Truk dan Bus, pada saat melintas pada hari liburan nasional.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat