bdadinfo.com

Di Era Jokowi, Infrastruktur Pos Lintas Batas Negara 'PLBN' Disulap Mewah, Mana Saja? - News

6 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Indonesia (Kemenkeu)

- Pemerintahan Jokowi gencar dalam membangun ataupun melakukan perbaikan infrastruktur di Indonesia.

Keseriusan tersebut dilakukan Jokowi untuk pemerataan pembangunan infrastruktur di Indonesia, karena dibutuhkan spekulasi-spekulasi yang berani.

Selain komitmen tersebut Jokowi meyakini dengan pemerataan pembangunan infrastruktur membuat Indonesia akan semakin maju secara perekonomian.

Baca Juga: Jepang Kembali Tunda Proyek Jalan Tol Megah di Sumatera Barat, Pada Akhirnya Cuma Tol Padang-Sicincin saja? 

Infrastruktur tersebut tidak hanya meliputi proyek pembangunan jalan tol, jembatan, bendungan, dan pembangunan Ibukota Negara, melainkan Pos Lintas Batas Negara (PLBN).

Diketahui PLBN selain sebagai penghubung antar negara, keberadaan pos tersebut juga mempertegas batas teritorial Indonesia dengan Negara tetangga.

Sebelum era Pemerintahan Jokowi, infrastruktur di PLBN cukup memprihatinkan karena hanya terlihat ala kadarnya dengan fasilitas yang tidak layak.

Baca Juga: Penerbangan Terbaru, Rute Padang ke Kuala Lumpur Ternyata Lebih Fleksibel Gunakan Super Air Jet

Berikut fasilitas infrastruktur PLBN yang telah dibangun oleh Pemerintahan Jokowi.

  1. PLBN Skouw

Pos perbatasan Skouw merupakan batas wilayah Indonesia dengan Negara Papua Nugini, perbatasan ini terletak Di Distrik Muara Tami, Jayapura, Provinsi Papua.

Di Pemerintahan Jokowi Pos tersebut disulap sedemikian mewah dengan bangunan-bangunan megah dan memiliki tower mercusuar 10 lantai dengan tinggi 50 m untuk memantau keadaan perbatasan ke-2 Negara.

  1. PLBN Aruk

Pos perbatasan ini terletak di Sambas, Kalimantan Barat, bangunan tersebut dibuat layaknya tameng khas suku Dayak. PLBN Aruk memiliki fasilitas klinik, pemindai truk, jembatan timbang, gudang sita dan lain sebagainya.

Baca Juga: Wow! Rencana Pembangunan Revitalisasi Stadion Teladan di Medan Akan Beralih Jadi Bertaraf Internasional

  1. PLBN Entikong

Diresmikan pada 2016 pos perbatasan ini terletak di Sanggau, Kalimantan Barat dibangun dengan arsitektur modern namun tidak melupakan etnik Dayak. Selain itu pos ini dikelilingi perbukitan hijau serta di halaman gedung terdapat tugu Pancasila yang semakin mempercantik pos perbatasan.

Menurut Kepala Bidang Pengelolaan PLBN Entikong, di revitalisasinya perbatasan membuat mobilitas warga sekitar semakin mudah, dan kabarnya pos tersebut lebih megah dibanding pos milik Negara tetangga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat