bdadinfo.com

Progres 88,58 Persen, Jalan Tol Penghubung Riau dan Sumbar Ini Ditargetkan Rampung Desember Mendatang - News

Progres 88,58 Persen, Jalan Tol Penghubung Riau dan Sumbar Ini Ditargetkan Rampung Desember Mendatang (pu.go.id)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), PT Hutama Karya (Persero) saat ini terus digesa untuk menuntaskan pembangunan jalan tol.

Jalan tol yang menjadi bagian dari tol Padang – Pekanbaru yang menghubungkan dua provinsi tetangga yaitu Provinsi Riau dan Sumatera Barat (Sumbar).

Untuk saat ini progres konstruksinya sudah mencapai 88,58 persen dan sudah ditargetkan akan rampung pada Desember 2023 mendatang.

Baca Juga: Serap 11 Juta Tenaga Kerja! 5 Jalan Tol PSN Beres Tahun 2023, Tol Trans Sumatera Ruas Mana Saja? 

Ruas jalan tol yang dimaksud tepatnya pada seksi 5 ruas tol Bangkinang - Pangkalan tahap 1 (Tanjung Alai) sepanjang 24,7 km.

Punya target tuntas dalam waktu dekat, jalan tol tersebut juga punya manfaat tak main-main yakni dalam mendongkrak ekonomi di Provinsi Riau.

Jalan Tol yang merupakan bagian dari ruas Pekanbaru - Padang tersebut bermanfaat untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar utamanya di sekitar pintu masuk dan keluar jalan tol.

Baca Juga: Baru Bisa Hubungkan Lampung dan Sumatera Selatan! JTTS Gagal Tersambung Hingga Aceh, Mentok di Provinsi Ini

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Riau, T Juliansyah mengatakan bahwa, dalam proses pembangunan ruas jalan tol ini Komisi V DPR RI selalu mendorong agar pembangunan berjalan cepat dan minim kendala.

Progres konstruksi pembangunan ruas jalan tol ini bisa berlangsung cepat karena beberapa alasan seperti pembebasan lahannya yang bebas dengan lebih cepat dan tidak adanya kendala yang signifikan.

Sementara Wakil Ketua Komisi 5 DPR RI, Muhammad Iqbal, menyampaikan, apresiasi atas kualitas pekerjaan pembangunan jalan tol tersebut.

Baca Juga: Satu Persatu Beres! Riau dan Sumatera Barat Semakin Dekat Berkat Jalan Tol Ini, Kapan Beroperasi? 

Ia berharap bahwa dalam waktu dekat tol ini bisa terealisasi sambungan jalan tol yang menghubungkan Provinsi Riau dan Sumatera Barat.

Untuk sekadar informasi, ruas Tol Bangkinang - Pangkalan Tahap 1 (Tanjung Alai) adalah jalan tol yang menjadi bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat