bdadinfo.com

Bukan Malang! Banyuwangi Jadi Daerah Terluas di Jawa Timur, Hujan Mega Proyek di Tahun 2024 - News

Salah satu landmark Banyuwangi.  (dok. 123.com)

- Daerah terluas di Jawa Timur bukanlah Kabupaten Malang ataupun Pasuruan, melainkan daerah yang terkenal dengan kesenian Tari Gandrung, yakni Banyuwangi.

Kabupaten Banyuwangi pada tahun 2024 masuk dalam rencana beberapa mega proyek. Beberapa di antaranya ada proyek jalan tol Probolinggo - Banyuwangi, yang pengerjaannya ditaksir akan selesai pada tahun 2024 untuk tahap I.

Proyek tol Probolinggo-Banyuwangi saat ini mendapatkan kucuran dana sebesar Rp7,4 triliun.

Baca Juga: Nasabah Semakin Nyaman Bertransaksi, BRI Luncurkan Inovasi Digital BRIFrens Kustodian Berbasis Web

Kemudian ada proyek baru berupa pertambangan tembaga di Banyuwangi yang ditaksir pada tahun 2024 akan terus berjalan hingga 2026.

Bahkan berdasarkan pernyataan Chief of External Affairs PT Merdeka Copper Gold Tbk, dilansir Rabu, 29 November 2023, kapasitas produksi tembaga di Banyuwangi diklaim berpotensi menghasilkan 112 ribu ton per tahun.

Provinsi Jawa Timur sendiri secara administratif dibagi menjadi 38 daerah, yang terdiri dari 29 Kabupaten dan 9 Kota, dengan Kota Surabaya sebagai ibukotanya.

Baca Juga: Nasabah Semakin Nyaman Bertransaksi, BRI Luncurkan Inovasi Digital BRIFrens Kustodian Berbasis Web

Daerah terluas di Jawa Timur adalah Kabupaten Banyuwangi. Melansir laporan Badan Pusat Statistik (BPS), luas total kabupaten Banyuwangi pada tahun 2020 yakni 5.782,40 m².

Kabupaten Banyuwangi terletak di bagian ujung timur Provinsi Jawa Timur. Jumlah kecamatan di Banyuwangi ada 24 kecamatan dengan penduduk di Banyuwangi tercatat sekitar 1.731.731 jiwa pada tahun 2022.

Kabupaten Banyuwangi langsung berbatasan dengan selat Bali dan Bali (Kawasan tapal kuda) di Timur. Di sebelah utara, Banyuwangi berbatasan dengan Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Bondowoso.

Baca Juga: Gagal Dibangun Tahun Ini, Target Rampung Tol Gilimanuk-Mengwi Makin Molor

Di sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia. Dan di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso.

Ibukota kabupaten Banyuwangi memiliki nama yang sama, yakni Banyuwangi yang sekaligus menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian dari Kabupaten Banyuwangi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat