bdadinfo.com

Goodbye Tua di Jalan, Tol Bangkinang-Pangkalan segera Masuk Tahap Uji Laik Fungsi, Beroperasi Tunggu Restu Kementerian PUPR - News

Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan Tahap I (Tanjung Alai) segera masuki tahap uji laik fungsi dan sertifikasi laik fungsi. (BPJT)

HARIAHHALUAN.COM - Warga Riau mesti bangga karena sesaat lagi akan beroperasi Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan.

Ruas jalan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ini adalah bagian dari Ruas Sirip Tol Pekanbaru-Padang.

Memiliki panjang 24,7 kilometer, Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan pada rencana awal akan dibangun dari Bangkinang di sisi Provinsi Riau hingga Pangkalan yang berada di sisi Sumatera Barat (Sumbar).

Sayangnya, pembangunan jalan tol ini hanya dipusatkan dari Bangkinang sampai Tanjung Alai karena alasan tertentu.

Baca Juga: Cukup dari HP! Ini Cara Mudah Pemadanan NIK Jadi NPWP Bagi Wajib Pajak, Batas Akhir Cuma Sampai 31 Desember 2023

Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan Tahap 1 (Tanjung Alai) ini diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat Kota Pekan Baru dan Kabupaten Kampar, Riau.

Salah satu sektor yang akan merasakan manfaatnya adalah Pariwisata yang berlokasi di sekitar jalan tol.

Pasalnya, jalan tol ini otomatis akan membuka akses dan peluang baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara mengunjungi lokasi wisata di Riau dan Sumbar.

Tujuan wisata menarik yang dapat dikunjungi wisatawan, antara lain beragam situs cagar budaya di Kabupaten Kampar.

Sepanjang Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan, masyarakat akan disuguhi panorama alam menakjubkan di sisi kiri dan kanan.

Baca Juga: Sheff Utd vs Liverpool: Tampil Solid, The Reds Berhasil Tumbangkan Tuan Rumah Dengan Skor 2-0 di Premier League

Jalan tol ini juga dilengkapi dengan infrastruktur pendukung, seperti jembatan layang yang berdiri megah di aras lembah.

Sebagai informasi, pengerjaan Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan dilakukan oleh dua kontraktor pelat merah, yaitu PT Wijaya Karya (Persero) dan PT Hutama Karya Infrastruktur.

Dana yang digelontorkan untuk pembangunannya juga cukup fantastis, yaitu mencapai Rp 4 triliun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat